Logo Pemkot Jogja
Jumat, 3 November 2017 06:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Sertifikasi Elektronik yang Bakal Diterapkan Pemkot Jogja Lebih Efisien dan Efektif

Banyak keuntungan dari penerapan sertifikasi elektronik ini

Solopos.com, JOGJA-Langkah Pemerintah Kota Jogja untuk menerapkan sertifikasi elektronik dinilai tetap. Banyak keuntungan dari penerapan sistem ini.

Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Lembaga Sandi Negara Anton Setiawan menyatakan sertifikasi elektronik menjamin keaslian dokumen. Selain itu, cara ini dinilai juga lebih efisien dan efektif karena tidak terbatas ruang dan waktu. “Sistem ini menjamin yang tidak memiliki kewenangan masuk dalam sistem dan menjamin yang berwewenang bisa masuk,” kata Anton, Rabu (2/11/2017).

Ia mengatakan, belum banyak yang menerapkan sertifikasi elektronik untuk pemerintah daerah. Selain Jogja, ada Kabupaten Bogor dan Madiun. Sementara, sebagian besar kementerian sudah menggunakannya.

Baca juga : Pemkot Jogja Segera Terapkan Tanda Tangan Digital, Ini Alasannya

Anton mengakui meski layanan sertifikasi elektronik bagus, tetapi tergantung kepala daerah mau menerapkan atau tidak. Sebab, kata dia, penerapan sistem elektronik butuh komitmen, karena ketika sistem sudah disepakati sulit untuk dimanipulasi. “Misalnya kalau buat surat tidak bisa lagi tanggal dimundurkan atau dimajukan,” ujar Anton.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…