Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Balapan, Solo, beberapa waktu lalu. Menyusul adanya aturan baru PT KAI mengenai pembatalan tiket dan pengembalian uang tiket, Stasiun Balapan akan membuka loket pelayanan khusus untuk keperluan itu. (JIBI/SOLOPOS/dok) Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Solo Balapan, Solo. (JIBI/Solopos/Dok.)
Jumat, 3 November 2017 23:35 WIB Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos Solo Share :

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI
1.500 Tamu Kahiyang Ayu akan Berdatangan Naik Kereta Api

Pengelola stasiun kereta api di Solo melakukan sejumlah persiapan menyambut para tamu pernikahan Kahiyang putri Jokowi.

Solopos.com, SOLO — Stasiun kereta api (KA) melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kedatangan para tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, Rabu (8/11/2017).

Kepala Stasiun Solo Balapan, Nuruddin, menyampaikan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran perjalanan kereta api. Teknisi pun didatangkan ke Solo untuk memastikan kereta bisa digunakan dengan baik.

Selain itu, Nuruddin sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Surakarta untuk mengamankan listrik disertai pemeriksaan alat pendukung, seperti genset. “Persiapan untuk Selasa-Rabu [7-8/11/2017] sudah dilakukan dengan berkoordinasi bersama sejumlah pihak dan persiapan juga untuk menyambut VIP yang transit,” kata Nuruddin kepada wartawan, Jumat (3/11/2017). (Baca: 4.000 Kasur Siap Sambut Tamu Mantenan Kahiyang Ayu)

Menurut dia, akan ada rombongan sukarelawan berjumlah 1.500 orang yang datang bertahap menggunakan tiga kereta api (KA), yakni KA Gaya Baru, KA Bengawan, dan KA Jaka Tingkir. Mereka akan turun di Stasiun Purwosari.

Dia juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo untuk sterilisasi depan stasiun supaya rombongan yang datang bisa naik bus dengan mudah. Petugas juga telah disiapkan untuk stand by pada Selasa-Kamis (7-9/11/2017) untuk mengamankan viaduk Gilingan dan portal Jurug.

Sedangkan KA wisata belum ada konfirmasi resmi mengenai siapa saja yang memanfaatkan. Namun berdasarkan informasi ada yang berminat menggunakan KA wisata datang ke Solo. Menurut dia, pemesanan KA wisata ini mendekati keberangkatan.

“Sampai sekarang tiket KA tambahan belum dijual karena tiket KA reguler masih tersedia. KA eksekutif untuk Selasa [7/11/2017] masih ada 100-an kursi dan Rabu [8/11/2017] juga masih tersedia kursi untuk mengangkut penumpang,” kata dia. (Baca: 30 Pesawat Carter akan Mendarat di Solo)

Nuruddin mengatakan biasanya penumpang KA jarak jauh saat hari kerja tidak terlalu ramai dengan tingkat keterisian 70%-80%. Oleh karena itu, masih bisa dimanfaatkan meski ada tambahan penumpang.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada lagi tambahan pengajuan extra flight maupun pesawat carter yang ingin mendarat di Bandara Adi Soemarmo.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…