Osama bin Laden. (Cnn.com) Osama bin Laden. (Cnn.com)
Jumat, 3 November 2017 18:45 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Osama bin Laden Ternyata Gemar Nonton Kartun

Osama bin Laden ternyata gemar menonton kartun.

Solopos.com, SOLO – Mendiang pimpinan kelompok militan Al Qaeda, Osama bin Laden, ternyata memiliki hobi unik. Siapa sangka, mantan buronan nomor satu di Amerika Serikat itu ternyata gemar menonton kartun.

Dilansir Mirror, Kamis (2/11/2017), selama bersembunyi di Pakistan, Osama selalu menyaksikan kartun garapan Disney. Selain itu, dia juga suka menonton film dokumenter BBC yang menampilkan kehidupan hewan. Hobi unik ini terungkap setelah Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA), merilis dokumen rahasia yang diperoleh dari penggerebekan di tempat persembunyiannya pada Mei 2011 silam.

Selain dokumen penting dan kaset film, CIA juga menemukan catatan pribadi milik Osama dalam penggerebekan itu. Dalam buku harian itu dia menulis kisahnya kali pertama berkunjung ke Inggris semasa remaja. Dia mengaku sangat kecewa melihat kehidupan di Inggris dan beberapa negara barat lainnya.

Buku catatan itu berisi kisah hidup Osama belajar di Inggris selama 10 pekan saat masih remaja. Namun, dia juga menulis telah berkunjung ke negara itu saat berusia 13 tahun. Namun, di sana dia mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan hingga membuatnya kecewa dan membenci orang-orang Barat.

“Saya melihat mereka [orang-orang barat] sangat berbeda dengan kita. Mereka adalah masyarakat yang bebas. Saya merasa tidak nyaman berada di sana.” tulis Osama dalam catatan pribadinya seperti dikutip The Independent.

Tapi, beberapa laporan lain menyebut Osama membenci negara barat sejak berusia 10 tahun. Sebab, dia diduga didoktrin oleh kelompok radikal Ikhwanul Muslimin pada akhir 1970-an. Namun, sampai saat ini tidak diketahui pasti hubungan Osama dengan kelompok tersebut.

Pihak CIA berharap buku catatan harian itu memberikan jalan bagi mereka mengungkap misteri di balik serangan di New York, Amerika Serikat, 11 September 2001 silam. Pasalnya, selama ini Osama diyakini sebagai penggagas serangan mematikan itu.

 

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…