Ilustrasi PSIS vs Persita. Penyerang PSIS Semarang, Andrid Wibawa (dua dari kanan), berusaha melewati adangan dua pemain Persita Tangerang pada laga Babak 16 Besar Liga 2 di Stadion Citarum, Semarang, Selasa (3/10/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
Jumat, 3 November 2017 05:40 WIB Jumali/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

OLAHRAGA JOGJA
DIY Tuan Rumah Babak Nasional Liga 3 2017

DIY dan Jateng dipastikan jadi tuan rumah babak nasional.

Solopos.com, JOGJA— DIY dan Jawa Tengah dipastikan bakal menjadi tuan rumah gelaran babak Nasional Liga 3 2017, 17 Desember mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur kompetisi Asprov PSSI DIY Ediyanto, Kamis (2/11/2017) siang. Edi menuturkan, meski belum mendapatkan surat resmi terkait stadion yang akan digunakan sebagai tempat digelarnya babak Nasional, namun pihaknya sudah mendapatkan kejelasan terkait dengan penyelenggaraan. “Baru secara nonformal saja,” kata Ediyanto.

Menurut Edi, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan perizinan untuk penggunaan sejumlah stadion di DIY dan Jawa Tengah. Upaya ini dilakukan sebagai percepatan jika nantinya legalitas dari PSSI telah dikirimkan kepada pihaknya. Oleh karena itu, pihaknya berharap akan kerja sama seluruh pihak untuk menyukseskan perhelatan jika mendapat amanah dari federasi.

“Untuk DIY sendiri mendapatkan jatah dua tim yang lolos ke babak Nasional. Kedua tim tersebut adalah Gama FC dan Satria Adikarta,” terangnya.

Pada kesempatan sama, Edi mengungkapkan, pemberian jatah dua tim lolos ke putaran Nasional oleh PSSI lebih didasarkan pada pertimbangan penilaian terhadap Asprov PSSI DIY. PSSI melihat bahwa Asprov DIY mampu melaksanakan atau menyelenggarakan kompetisi dg baik dan benar sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Selain itu, hasil pertandingan langsung bisa dikirim lewat online dan tepat waktu. Beberapa pertandingan yang digelar juga sesuai dengan jadwal dan waktu yang ditentukan. Di samping itu, pengembangan sepak bola di DIY dinilai berkembang cukup baik dan situasi cukup kondusif,” paparnya.

Sementara keputusan untuk memberikan jatah dua tim asal DIY melaju ke babak Nasional sendiri dikuatkan dengan dikeluarkannya surat bernomor 3270/UDN/1957/X-2017 Perihal Liga 3 2017.

Dalam surat yang ditanda tangani oleh Sekjend PSSI Ratu Tisha Destria tersebut disebutkan bahwa format babak Nasional Liga 3 menggunakan sistem home tournamen. Dalam surat tersebut juga dilampirkan ada 24 tim yang lolos langsung ke babak Nasional, dan 24 tim yang mengikuti Play Off Putaran Final Liga 3.

“Babak 32 besar Putaran Final Liga 3 2017 dibagi menjadi 8 grup yang berisikan 3 tim yang berhasil lolos ke putaran final Liga 3 2017 secara langsung dan 1 tim yang lolos play off Putaran Final Liga 3 2017, yang akan dijalankan dengan format setengah kompetisi,” kata Ratu Tisha.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…