KHAD Eco Team UMY bersama prototype mobil listrik "Lingsar Proto 2" di Stadium General Teknik UMY, Jumat (03/11/17). (Perdani Fitryana Tegar Marhaendro/Harian Jogja). KHAD Eco Team UMY bersama prototype mobil listrik "Lingsar Proto 2" di Stadium General Teknik UMY, Jumat (03/11/17). (Perdani Fitryana Tegar Marhaendro/Harian Jogja).
Jumat, 3 November 2017 12:20 WIB M102/JIBI/Harian Jogja Pendidikan Share :

Mahasiswa UMY Perkenalkan Mobil Listrik Lingsar Proto 2

KHAD Eco Team UMY secara resmi memperkenalkan karya mereka berupa prototype mobil listrik dengan nama Lingsar Proto 2

 
Solopos.com, BANTUL- KHAD Eco Team UMY secara resmi memperkenalkan karya mereka berupa prototype mobil listrik dengan nama Lingsar Proto 2, Jumat (03/11/17).

Hasil karya gabungan antara mahasiswa teknik elektro dan dan teknik mesin UMY ini memiliki spesifikasi berupa rangka yang terbuat dari bahan aluminium, motor BLAC 350 watt dan bodi komposit fiberglass. Prototype ini nantinya akan mengikuti kompetisi KMHE 2017 pada 7-11 November 2017 di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya.

Pemilihan desain yang dilakukan pun dengan tujuan agar mobil listrik yang dihasilkan lebih aerodinamis atau untuk mengurangi hambatan udara pada mobil listrik dan kuga berbobot lebih ringan, akan tetapi sekaligus tidak mengurangi aspek keselamatan untuk pengemudinya.

Dibanding dengan mobil listrik yang telah diperkenalkan sebelumnya desain mobil listrik kali ini terbilang lebih minimalis dan lebih aerodinamis. Sedangkan secara bobot tim mampu membuat prototype yang lebih ringan dibanding dengan prototype di tahun-tahun sebelumnya, secara jarak pandang Lingsar Proto 2 juga memiliki jarak pandang yang lebih luas.

Yusuf Kurniawan selaku manajer dari tim kali ini mengungkapkan pengalaman-pengalaman yang ia alami selama 3 bulan berproses dalam membangun prototype.  Karena sering terbentur jadwal kuliah, maka pengerjaan prototype sering dilakukan di malam hari.

“Paling susah waktu ngerjain bodinya, karena tidak mengundang expert dan autodidak, terkadang hasilnya tidak memuaskan dan sering mengulang,” uangkap Yusuf kepada harianjogja.com, Jumat.

Pada tahun-tahun sebelumnya KHAD Eco Team UMY berhasil mendapatkan posisi 5 besar pada KMHE 2015 dan posisi 10 besar dalam KMHE 2016.

Launching mobil listrik ini juga dihari Aris Widyo Nugroho selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik sekaligus dosen pembimbing dari KHAD Eco Team UMY.  Aris mengungkapkan bahwa mobil listrik ini bukanlah proses instan melainkan proses yang sudah dimulai sejak 4 tahun yang lalu.  Dari tahun ke tahun selalu ada perubahan yabg lebih baik, baik dari segi aerodinamis maupun dari segi efisiensi enegeri yang digunakan.

“Universitas lain berkembang, kita juga harus berkembang dan selalu dilakukan simulasi full pada prototype yang ada,” jelas Aris lebih lanjut mengenai perkembangan mobil listrik.

Harapan ke depannya riset tentang mobil listrik ini bisa terus berkembang dan mrndapatkan dukungan penuh baik dari instansi dalam maupun instansi luar, dan tidak hanya sekedar untuk perlombaan kedepannya riset ini bisa berguna untuk pekembangan mobil listrik nasional.

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…