Sport
Jumat, 3 November 2017 - 19:08 WIB

LIGA 1 : Gol Persib Dianulir, Persija Menang 1-0

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persija Jakarta melakukan latihan di stadion Manahan, Kamis (3/11). Persija akan menghadapi Persib di stadion Manahan dalam Torabika Soccer Champhionship 2016 pada Sabtu (5/11) malam. (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Liga 1 menyajikan duel Persija vs Persib.

Solopos.com, SOLO — Wasit Shaun Evans membuat keputusan kontroversial saat memimpin laga antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11/2017). Wasit asal Australia itu menganulir gol tandukan striker Persib Bandung, Ezechiel N’Douassel, di menit ke-28.

Advertisement

Gol yang dianulir itu berawal dari umpan lambung gelandang Persib Bandung, Raphael Maitimo dari sayap kanan. Bola tandukan Ezechiel N’Douassel memantul ke tanah lalu mengarah ke bagian atas gawang yang tak bisa ditepis Andritany Ardhiyasa.

Meski dalam tayangan ulang terlihat bola sudah melewati mistar gawang dan menyentuh jaring, Shaun Evans tidak menganggapnya sebagai gol. Ezechiel N’Douassel yang sudah berlari untuk merayakan gol pun dibuat terperanga dengan keputusan wasit. Protes sudah dilayangkan pemain dan ofisial Persib Bandung, namun wasit Shaun Evans tidak mengubah keputusan.

Sempat diguyur hujan lebat di babak pertama, kedua tim mampu bermain dengan tempo tinggi. Ketegangan antarpemain kerap terjadi di atas lapangan. Secara menyeluruh, Persija Jakarta mampu menguasai jalannya pertandingan.

Advertisement

Kolaborasi Rudi Widodo, Bambang Pamungkas dan Bruno Da Silva Lopes di lini depan kerap membahayakan gawang Persib. Sebaliknya, Persib Bandung lebih banyak mengandalkan serangan balik. Kecepatan Febri Haryadi di sayap kanan kerap merepotkan para pemain belakang Persija.

Petaka datang bagi Persib di menit ke-77. Pemain belakang Persib menjatuhkan Bruno Lopes di kotak penalti. Wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. Bruno Lopes tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol melalui penalti.

Upaya Persib untuk mengejar ketertinggalan semakin sulit setelah Vladimir Yujovic diganjar kartu merah. Pada menit ke-81 bek asal Montenegro itu terkena kartu kuning. Dia lalu mengeluarkan kata-kata yang dianggap tidak sopan. Wasit pun langsung mengeluarkan kartu kuning kedua yang disusul kartu merah.

Advertisement

Pertandingan itu sendiri hanya berlangsung 83 menit. Ini karena ofisial Persib Bandung dianggap tidak mau melanjutkan pertandingan karena merasa dicurangi oleh keputusan wasit. Kemenangan Persija atas Persib Bandung itu mengakhiri kutukan tak pernah menang sejak 2012 lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif