Jogja
Jumat, 3 November 2017 - 07:55 WIB

INFRASTRUKTUR DIY : Anggaran Pembangunan Underpass Kentungan Diperkirakan Capai Rp50 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Underpass Kentungan dianggarkan Rp50 miliar

Harianjogja.com, JOGJA-Pembangunan underpass Kentungan akan dilanjutkan Pemerintah Pusat. Jumlah dana yang dialokasikan diperkirakan mencapai puluhan miliar.

Advertisement

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) DIY Deny Firmansyah mengatakan, kemungkinan dana yang diturunkan pusat mencapai Rp50 miliar. “Tapi saya belum berani mengatakan ada atau tidak dana segitu. Sekarang lagi proses,” ucap dia, Kamis (2/11/2017).

Dana tersebut, sudah termasuk dalam pembebasan lahan. Namun, ia mengatakan tidak ingat persis berapa luas lahan yang dibebaskan. Ia mengatakan, lantaran DED sudah selesai dikerjakan, langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah menyusun dokumen perencanaan pembebasan lahan.

Baca juga : Underpass Kentungan Akan Selesai 2019

Advertisement

Hal itu, sambung Denny, kemungkinan baru bisa dilakukan pada awal 2018. Sementara, untuk pembangunan fisik ditargetkan bisa dikerjakan pada pertengahan tahun atau akhir tahun. Tergantung durasi pembebasan lahan.“Lama pengerjaan diperkirakan 15 bulan. Underpass akan dibuat di jalan nasional, dari barat ke timur. Diharapkan akhir tahun 2019 sudah selesai. Baru setelah itu dipikirkan yang di Gejayan,” ucap dia.

Sebelumnya, Anggota Tim Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan DIY, Rani Sjamsinarsi mengatakan, underpass Kentungan dan underpass Gejayan merupakan salah dua dari 17 program prioritas Pemerintah Daerah DIY. “Dua-duanya [underpass Kentungan dan Gejayan] program Pemerintah Pusat tapi tugas kami mempercepat komunikasi dengan pusat. Itu perlu kami kawal, karena underpass Kentungan dan Gejayan sangat dekat dengan lalu lintas kita,” kata Rani.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif