Ilustrasi planet-planet temuan NASA. (Istimewa) Ilustrasi planet-planet temuan NASA. (Istimewa)
Jumat, 3 November 2017 12:30 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Sains Share :

Hampir Mirip Bumi, Eksoplanet Baru Temuan NASA Ini Mengorbit 395 Hari

Planet yang ditemukan di luar tata surya atau exoplanet dengan waktu orbit 395 hari adalah salah satu dunia kehidupan yang paling menjanjikan.

Solopos.com, WASHINTONG – Sebuah analisis data dari teleskop ruang angkasa Kepler telah mengungkapkan 20 dunia luar Bumi yang mungkin bisa menjadi tuan rumah kehidupan.Salah satu eksoplanet bernama KOI-7923.01 disebut-sebut sangat mirip dengan bumi jika dilihat dari frekuensi orbitnya.

Xinhua mengutip sebuah laporan dari majalah Science New Scientist, Kamis (2/11/2017), menyebut setiap dunia baru hadir dengan waktu orbit yang bervariasi, termasuk yang setara dengan 395 hari Bumi untuk mengelilingi bintangnya dan satu lagi mengambil hanya 18 hari untuk menyelesaikan orbit tunggal.

Planet yang ditemukan di luar tata surya atau exoplanet dengan waktu orbit 395 hari adalah salah satu dunia kehidupan yang paling menjanjikan dalam daftar tersebut, demikian Jeff Coughlin, pemimpin tim Kepler mengatakan kepada majalah tersebut.

“Jika Anda harus memilih satu untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke sana, itu bukan pilihan yang buruk,” katanya.

Eksoplanet, yang dijuluki KOI-7923.01 itu, berukuran sekitar 97 persen dari Bumi, namun lebih dingin seperti daerah tundra. Temperaturnya yang dingin adalah karena jarak dari bintangnya dan fakta bahwa bintangnya sedikit lebih dingin daripada Matahari.

Kendati demikian, para ilmuwan mengatakan masih hangat dan cukup besar untuk menahan air jernih yang sangat penting untuk kehidupan.

Pada Juni, NASA mengumumkan bahwa Kepler menemukan 219 calon planet baru di luar Tata Surya, 10 di antaranya berukuran seperti Bumi dan mengorbit di zona layak huni. Sejauh ini, Kepler telah mendeteksi lebih dari 4.000 kandidat eksoplanet, menurut badan antariksa Amerika Serikat NASA.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…