Jogja
Jumat, 3 November 2017 - 10:20 WIB

Ada Pasar Malam Sekaten di Alun-Alun Utara, Pintu Masuk Hanya dari Utara

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto menunjukan peta jalur rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan selama PMPS, di Balai Kota, Kamis (2/11/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Perhubungan Kota Jogja akan merekayasa lalu lintas selama pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) pada 10-30 November mendatang

Harianjogja.com, JOGJA -Dinas Perhubungan Kota Jogja akan merekayasa lalu lintas selama pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) pada 10-30 November mendatang di Alun-alun Utara (Altar) agar tidak menimbulkan kepadatan di beberapa ruas jalan menuju Altar.

Advertisement

Baca juga : Pasar Malam Sekaten Digelar 10-30 November, Masih Ada Stan Kosong!

“Nantinya pintu masuk arena sekaten hanya ada satu, yakni di utara atau Jalan Pangurkan,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto, di Balai Kota, Kamis (2/11/2017).

Yulianto mengatakan arus kendaraan dari arah Jalan Pangurakan atau Jalan Trikora berlaku satu jalur ke arah Jalan Kauman di barat Altar dan satu jalur ke arah Jalan Ibu Ruswo di timur Altar. Jalur sisi Latar dibuat searah karena sebagian jalur tersebut akan digunakan untuk parkir sepeda motor pengunjung.

Advertisement

Selain itu, Dinas Perhubungan juga akan menutup beberapa ruas jalan menuju kawasan Altar agar volume kendaraan tidak menumpuk di simpang jalan, di antaranya penutupan di lakukan di Simpang Tiga Mantrigawen Wijilan hanya diberlakukan ke arah timur, lalu simpang Gerjen Wijilan.

Sementara dari arah barat Altar penutupan arus diberlakukan mulai dari Simpang Empat Jalan Kauman. “Penutupan diberlakukan mulai pukul 16.00-22.00 WIB selama sekaten berlangsung,” ujar Yulianto.

Untuk mengatur lalu lintas pihaknya sudah menugaskan delapan petugas yang akan siaga di ruas jalan menuju Altar.

Advertisement

Lebih lanjut, Yulianto mengatakan bagi pengunjung sekaten yang menggunakan mobil hanya boleh menurunkan penumpang di beberapa titik, yakni di selatan Masjid Kauman dan sekitar parkir Jogja Galery. Kemudian akan diarahkan untuk parkir di tempat khusus parkir (TKP) Ngabean dan TKP Senopati.

Adapun tarif parkir sepeda motor pengunjung sampai kemarin belum ditetapkan. Yulianto mengaku kewenangan mengatur parkir selama pelaksanaan PMPS ada di kecamatan karena parkir tersebut masuk katagori parkir insidental.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif