Ridwan Kamil (Twitter.com) Ridwan Kamil (Twitter.com)
Kamis, 2 November 2017 16:59 WIB John Oktaveri/JIBI/Bisnis Politik Share :

PILKADA JABAR
Elektabilitas Ridwan Kamil di Puncak Survei SMRC

Elektabilitas Ridwan Kamil berada di puncak berdasarkan survei SMRC jelang Pilkada Jabar.

Solopos.com, JAKARTA — Saiful Mujani Research Center (SMRC) menyatakan Ridwan Kamil (Kang Emil) memiliki potensi terbesar memenangi Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018 jika pemilihan digelar hari ini.

Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan mengatakan tren dukungan terhadap Ridwan Kamil konsisten berada di tingkat teratas. “Secara konsisten kami menemukan mulai dari simulasi top of mind atau simulasi beberapa nama, Ridwan Kamil unggul,” kata Djayadi dalam presentasi temuan survei SMRC di Menteng, Kamis (2/10/2017).

Menggunakan berbagai simulasi pilihan, elektabilitas Ridwan Kamil berada di urutan teratas dengan jumlah dukungan berkisar 16,8% sampai 64%. Dalam pertanyaan kriteria top of mind, Wali Kota Bandung itu mendapatkan dukungan terbanyak yakni 16,8%.

Sedangkan figur atau calon gubernur lain memperoleh angka di bawah 10% untuk pertanyaan top of mind. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, misalnya, memiliki elektabilitas sebesar 3,8%, disusul Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dengan 2,2%. Nama-nama seperti Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Dede yusuf masing-masing hanya memiliki elektabilitas 1,5% dan 0,9%.

Pada bagian lain, Djayadi mengatakan bahwa Pilkada Jabar 2018 krusial. Alasannya, provinsi tersebut menyumbang 18% pemilih nasional alias terbesar di Indonesia. Suara di Jawa Barat, kata Dyajadi, akan berpengaruh terhadap perolehan suara nasional dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Survei dilakukan terhadap 800 responden di Jawa Barat pada 27 September hingga 3 Oktober 2017. Metode yang digunakan yakni multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…