Egy Maulana Vikri saat berhadapan dengan Brunei Darussalam, Selasa (31/10/2017). (JIBI/Antara/Humas PSSI) Egy Maulana Vikri saat berhadapan dengan Brunei Darussalam, Selasa (31/10/2017). (JIBI/Antara/Humas PSSI)
Kamis, 2 November 2017 11:59 WIB Muhammad Rizal Fikry/JIBI/Solopos.com Indonesia Share :

KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19
Egy Hattrick, Indonesia Bantai Timor Leste 5-0

Indonesia U-19 menyudahi perlawanan Timor Leste U-19 dengan kemenangan telak 5-0.

Solopos.com, SOLO – Masuknya Egy Maulana Fikri dan Saddil Ramdani di babak kedua mengubah wajah Timnas Indonesia U-19 saat berhadapan dengan Timor Leste U-19 di Stadion Paju, Korea Selatan, Kamis (2/11/2017). Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, Indonesia berhasil mencukur habis Timor Leste dengan skor telah 4-0.

Pergantian pemain yang dilakukan coach Indra Sjafri di awal babak kedua berbuah hasil. Hattrick Egy Maulana dan satu gol Saddi Ramdani lewat cannon ball di luar kotak penalti berhasil membawa kemenangan besar untuk Timnas U-19.

Babak Pertama

Pantauan Solopos.com melalui langsung laga yang disiarkan SCTV Timnas U-19 mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan, Indonesia nyatanya tak mampu mencetak gol. Tak seperti saat bermain melawan Brunei, beberapa umpan lambung ke pertahanan Timor Leste masih belum membuahkan gol.

Peluang pertama timnas terjadi di menit ke-3, tendangan bebas Iqbal memaksa kiper Timor Leste susah payah menepis bola.

Di menit ke-14 serangan Timor Leste sempat membahayakan gawang Aqil, namun masih beruntung sepakan striker Timor Leste masih mengarah di sisi kanan gawang.

Serangan ini dibalas timnas di menit ke-16. Serangan melalui sisi pertahanan lawan, Witan Sulaeman sempat menyebabkan kemelut di depan gawang. Sayang, bola masih belum masuk ke gawang.

Di pertengahan babak pertama, Timor Leste mulai menunjukkan serangan balik yang membahayakan. Melalui umpan lambung dan umpan terobosan, tercatat dalam kurun waktu dua menit,  Timor Leste mengancam gawang Indonesia sebanyak dua kali.

Suporter timnas sempat terhenyak untuk sepersekian detik, tendangan bebas Luthfi membentur mistar gawang di menit ke-38.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan masuknya Egy dan Saddil menggantikan Resky dan Witan. Seperti babak pertama, tim asuhan Indra Sjafri memulai inisiatif serangan sejak pertandingan dimulai.

Perjuangan timnas dijawab di menit ke-50, Saddil yang asyik menggocek bola memutuskan untuk menendang bola dengan kaki kiri. Tanpa ancang-ancang, bola yang disepak Saddil melesat deras ke sisi kanan sang kiper dan masuk ke gawang. Indonesia unggul 1-0.

Di menit ke-53 Timor Leste sempat mencetak gol. Serangan balik mampu menyulitkan pertahanan timnas, sambaran bola one on one dengan Aqil yang masuk ke gawang dianulir wasit karena pemain Timor Leste sudah berada di posisi offside.

Serangan yang dibangun Egy dan kawan-kawan terus dilakukan. Di menit ke-59 Saghara menusuk dari sisi tengah, sebenarnya bola sudah jatuh di kaki pemain belakang Timor Leste. Beruntung kontrol bek Timor Leste sangat lemah, bola yang menggelinding liar kembali disambar Saghara dan diselesaikannya dengan tendangan melengkung yang tak mampu dijangkau kiper Timor Leste. Indonesia unggul 2-0.

Indra Sjafri melakukan pergantian di menit ke-70. M. Iqbal digantikan dengan gelandang asal Sidoarjo, Feby Eka Putra.

Di sisi kanan pertahanan Indonesia, Rifad beberapa kali terlibat benturan dengan pemain Timor Leste, di menit ke-69 Rifad menabrak pemain Timor Leste dari belakang. Karena gerakannya itu Rifad diganjar kartu kuning.

Di menit ke-84 Egy memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 3-0. Berawal dari serangan balik yang disalurkan ke kaki Feby. Tusukan Feby dilanjutkan dengan umpan terobosan untuk Eggy. Berada di depan gawang, Egy dengan mudahnya menjebol gawang Timor Leste. Indonesia unggul 3-0.

Seolah-olah tak ingin berhenti mencetak gol, berselang tiga menit, dimenit ke-87 Egy kembali membuat stadion bergemuruh. Tendangan bebasnya melaju mulus ke pojok gawang Timor Leste. Indonesia unggul 4-0.

Egy melanjutkan terornya ke gawang Timor Leste. Di menit ke-90 umpan silang datar dari Rifad Marassabessy dengan mudahnya dicocor Egy ke gawang Timor Leste. Meski hanya bermain sejak babak kedua, Egy mampu mencetak hattrick dan membawa Indonesia unggul 5-0 atas Timor Leste.

Waktu normal diberi tambahan waktu dua menit. Hingga peluit panjang ditiup, skor tidak berubah untuk keunggulan Indonesia 5-0.

Indonesia: Aqil Savik, Rifad Marassabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat, Firza, M. Luthfi, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman (Saddil Ramdani,45’), M. Iqbal (Feby Eka Putra, 70’), Resky Witriawan (Egy Maulana Vikri, 45’), Hanis Saghara.

Timor Leste: Fernando, Nobelto, Soares, Sarmento, Yohanes, Junior, J. Suarez, Expedito, J. Freitas, Danilson, Moreira.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…