Aktivitas proyek reklamasi di teluk Jakarta, Kamis (14/4/2016). Dalam rapat kerja yang berlangsung Rabu (13/4/2016), Komisi IV DPR dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sepakat agar proyek reklamasi Teluk Jakarta dihentikan. (JIBI/Solopos/Antara/Agus Suparto)6.
Kamis, 2 November 2017 14:39 WIB Irene Agustine/JIBI/Bisnis Politik Share :

JK Ingin Serahkan Reklamasi Jakarta ke Pemprov DKI

JK ingin menyerahkan soal reklamasi Jakarta ke Pemprov DKI.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan bahwa pemerintah pusat menyerahkan proyek reklamasi Teluk Jakarta kepada pemerintah daerah, dalam hal ini DKI Jakarta.

“Kita serahkan kembali masalah ini ke Gubernur DKI. Karena dalam undang-undangnya, pulau atau pantai itu berada di bawah kewenangan pemda,” kata Wapres JK, saat membuka acara Prospek Ekonomi Indonesia 2018, Kamis (2/11/2017).

Namun, Wapres menegaskan bahwa pembangunan reklamasi yang sudah terjadi, yakni di Pulau C dan D tidak etis untuk dibongkar lagi. Karena itu, dia mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencari solusi terkait hal tersebut.

Sebelumnya, JK sempat menyatakan bahwa pembangunan reklamasi di pulau yang sudah terlanjur diuruk lebih baik dilanjutkan karena ongkos bongkar akan memakan biaya yang besar dan ditakutkan berdampak pada lingkungan.

“DKI harus berikan solusi. Solusinya apa? Khususnya bagaimana penggunaan pulau yang sudah ada?” ujarnya.

Sebelumnya, reklamasi Pulau C dan D berlanjut setelah Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup mencabut sanksi administrasinya. Pencabutan sanksi itu menyusul dilengkapinya sejumlah persyaratan administrasi oleh pengembang PT Kapuk Naga Indah.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…