Salah satu karya seniman lokal Jogja dipajang di Hotel GAIA Cosmo Hotel, belum lama ini. (Istimewa/GAIA Cosmo Hotel) Salah satu karya seniman lokal Jogja dipajang di Hotel GAIA Cosmo Hotel, belum lama ini. (Istimewa/GAIA Cosmo Hotel)
Kamis, 2 November 2017 21:40 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Hotel di Jogja Ini Libatkan Seniman Lokal untuk Berkreasi

GAIA Cosmo Hotel gelar GAIA Art Movement.

Solopos.com, JOGJA— Jogja merupakan salah satu kota kreatif di Indonesia, dan seni menjadi salah satu pilar dalam kehidupan berbudaya di kota ini. GAIA Cosmo Hotel Jogja pada 28 Oktober lalu atau bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-89, menggelar GAIA Art Movement sebagai wujud kreativitas seni.

GAIA Art Movement merupakan sebuah acara yang digagas GAIA Cosmo Hotel Jogja dengan memberikan fasilitas kepada Benda Art Management beserta lima orang seniman muda lokal Jogja. GAIA Art Movement : Rooted in Art, merupakan sebuah gerakan untuk mengangkat kekuatan seni para seniman lokal agar lebih dikenal luas oleh dunia internasional dengan menciptakan karya-karya yang monumental.

Stefanus Henry NS. selaku Marketing Communication GAIA Cosmo Hotel Jogja mengatakan, GAIA Cosmo Hotel Jogja memfasilitasi lima orang seniman muda, diantaranya Dian Hardiyansyah feat. Apri Susanto, Dery Pratama, Dedy Shofianto, Ivan Bestari, dan Ludira Yudha, untuk menciptakan karya seni dengan berbagai bahan yang sesuai dengan keahliannya masing-masing. “Para seniman ini diberikan kebebasan dalam mengekspresikan pemikiran dan kreativitas melalui ke lima karya-karya monumental yang akan dipajang di GAIA Cosmo Hotel Jogja serta dapat disaksikan oleh seluruh tamu yang datang,” kata Stefanus dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (30/10/2017) lalu.

Satu hal yang menyatukan karya yang dihasilkan adalah tema “alam”, karena GAIA yang berarti “bumi”, sama seperti alam yang organik dan dinamis. Stefanus menjelaskan, hal yang diperoleh dari para seniman adalah bentuk seni yang terus hidup yang berubah seiring berjalannya waktu. “Tujuan dari GAIA Cosmo Hotel Jogja adalah menjadi bagian dari ekosistem desain dan seni Jogja, untuk memelihara desain lokal dan bakat seni, sehingga mereka akan berkembang, mekar dan menjadi inspirasi bagi talenta yang lebih bercita-cita tinggi secara lokal dan internasional,” jelasnya.

Rangkaian acara mengenai seni ini akan dibuka dengan Opening Exhibition GAIA Art Movement yang digelar pada Sabtu (18/11/2017) mendatang di GAIA Cosmo Hotel Jogja dengan mengundang sejumlah tamu-tamu dari media,
kolektor, dan juga pemerhati seni. Acara selanjutnya akan dilanjutkan dengan Art Discussion yang akan digelar pada Desember 2017 untuk lebih memperkenalkan seni, khususnya seni rupa di Jogja kepada dunia.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…