Ilustrasi pengidap kanker payudara (Boldsky) Ilustrasi pengidap kanker payudara (Boldsky)
Kamis, 2 November 2017 11:10 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

HASIL PENELITIAN
Penting! Ini Tiga Cara Ampuh Tekan Perkembangan Sel Kanker

Hasil penelitian kali ini tentang senyawa yang mampu menekan perkembangan sel kanker.

Solopos.com, SOLO – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang menyerang jutaan wanita setiap tahun. Kebanyakan wanita meninggal karena terlambat menyadari penyakit ini. Padahal, jika ditangani dengan cepat dan tepat, Anda bisa terbebas dari penyakit mengerikan yang satu ini.

Dilansir Boldsky, Rabu (1/11/2017), hasil penelitian terbaru yang dilakukan periset di University of Arizona, Amerika Serikat, menyebutkan ada satu senyawa yang bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker di jaringan payudara. Senyawa tersebut adalah BRCA1. Sayangnya, senyawa itu tidak selalu bisa terbaca dalam pemeriksaan.

Senyawa BRCA1 berfungsi menekan tumor dan sel kanker yang berkembang. Agar senyawa itu bisa bekerja dengan baik, maka Anda perlu memberikan stimulan. Salah satu stimulan terbaik adalah susu kedelai. Protein dan senyawa isoflavon dalam kedelai mampu mengoptimalkan kinerja senyawa BRCA1 dan menekan perkembangan sel kanker.

Oleh sebab itu, penderita kanker sangat dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung kedelai. Selain  mengonsumsi makanan olahan kedelai, ada beberapa cara lain agar penderita kanker bisa bertahan hidup lebih lama.

Diet sehat

Menjalani diet sehat sangat penting untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Salah satu cara diet terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu, kurangi makanan olahan, seperti mi instan.

Olahraga

Olahraga juga menjadi salah satu cara ampuh mencegah dan membantu penderita kanker payudara bertahan hidup. Tidak perlu melakukan latihan fisik yang melelahkan. Anda bisa joging selama 30 menit setiap hari.

Berhenti merokok

Selanjutnya, Anda juga harus menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sejumlah penelitian menunjukkan tembakau bukan hanya membahayakan paru-paru, melainkan seluruh organ dalam tubuh. Sementara penelitian lain menyebutkan bahwaminum alkohol bisa meningkatkan risiko payudara.

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…