Harian Jogja Hari Ini. (Amalia Anggraini/JIBI/Harian Jogja) Harian Jogja Hari Ini. (Amalia Anggraini/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 2 November 2017 10:40 WIB M101/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Dana Rokok Bisa Tambal Defisit BPJS

Pemerintah Pusat berencana menggandeng pemda dan menggunakan sebagian penerimaan cukao hasil tembakau (CHT) untuk menambal defisit BPJS Kesehatan. DIY punya modal yang cukup besar untuk menerapkan skema tersebut.

Pimpinan KPK Pasang Badan
BANDUNG-Pimpinan KPK menyatakan bertanggung jawab atas tugas yang dijalankan penyelidik dan penyidik KPK, termasuk dalam pengusutan kasus dugaan suap dari pejabat Kementerian Desa (Kemendes PDTT) kepada dua auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

PROSES HUKUM : Setya Novanto Menebar Pembalasan
JAKARTA-Pengacara Ketua DPR Setya Novanto melaporkan 60 meme yang tersebar di medsos ke kepolisian. Laporan itu menambah panjang daftar laporan dan gugatan yang dibuat pengacara Novanto.

Pengusunh Khofifah Ribut Wagub
SURABAYA-Partai Demokrat meminta jatah bakal calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim). Dua partai pengusung Khofifah protes keras.

Bawaslu Memproses Laporan Tujuh Partai Politik
JAKARTA-Badan Pengawas Pemilu memproses laporan pengaduan tujuh partai politik (parpol) yang berkasnya ditolak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena dinyatakan tidak lengkap pada saat pendaftaran calon peserta Pemilu 2019.

Ayah dan Anak Terduga Teroris
JAKARTA-Densus 88 Antiteror dengan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menangkap lima terduga teroris di wilayah Ambalawi, Kabupaten Bima, NTB.

Bocah Korea Diculik, Polda Metro Jaya Turun Tangan
JAKARTA-Seorang bocah warga negara (WN) Korea Selatan diduga diculik, dan dibawa ke Jakarta. Polda Metro Jaya turun tangan mencari bocah itu.

Satpam Bandara Soetta Gagalkan Upaya Hipnotis
TANGERANG-Petugas Aviation Security (Avsec) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, menggagalkan upaya hipnotis kepada Nadia Fajrina, 11.

Bencana di Pesisir Timur Afrika
Wabah pes muncul di Republik Madagaskar, negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Sejak Agustus lalu, wabah pes misterius menginfeksi 1.153 orang. Tiba-tiba angka kematian pasien meningkat drastis mencapai ratusan orang sepanjang Oktober kemarin.

Teror si Supir Rumah
NEW YORK-Seorang Imigran asal Uzbekistan menyerang pejalan kaki di Kota New York, Selasa (31/10) waktu setempat. Delapan orang tewas akibat serangan itu.

Jangkauan Rudal Iran Sudah Cukup
TEHRAN-Komandan Pengawal Revolusi Iran, Mayjend Mohammad Ali Jafari mengungkapkan Iran tidak perlu menambah jangkauan rudal balistik yang mereka miliki karena jangkauan saat ini sudah bisa menyasar musuh yang akan melakukan serangan.

Pemuda Belajar Mengulang Sejarah
Sejarawan Solo, Heri Priyatmoko menyebut Gerakan Pemuda Solois Solo memiliki kemiripan dengan sejarah 82 tahun silam di jalan yang sama. Di Jl. Gatot Subroto kala itu menjadi lokasi pendirian Partai Indonesia Raya (Parindra). Pada 26 Desember 1935, di hari pendirian Parindra 1.000 putra-putri bangsa hadir.

Happy Salma Teaterkan Puisi
Happy Salma memang sangat mencintai dunia sastra dan teater. Buktinya, banyak karya yang telah ia lakukan untuk panggung teater Tanah Air. Sebut saja Bunga Penutup Abad (2016), Hanya Salju dan Pisau Batu karya Happy Salma dan Pidi Baiw pada 2010 lalu, dan kegiatan-kegiatan sastra lainnya.

Dian Sastro Main Gitar Tuai Pujian Warganet
Dian Sastrowardoyo identik dengan segudang bakat yang melekat dalam dirinya. Selain akting, ibu dua anak itu juga aktif dalam kegiatan sosial, olahraga, hingga bisnis.

LIGA CHAMPIONS : Pekerjaan Belum Selesai
PARIS-Fase grup Liga Champions baru memasuki matchday keempat. Meski demikian persaingan untuk memperebutkan dua lembar tiket ke fase knock-out dari Grup B sudah berakhir.

Wahib Menang Untuk Ringankan Beban
ATHENA-AC Milan harus menempuh perjalanan sekitar 1.500 km untuk bertemu AEK Athens pada matchday keempat Grup D Liga Eropa di Stadion Olympiako, Athena, Jumat (3/11) pukul 01.00 WIB.

PARIS MASTERS : Haase Singkirkan Zverev
PARIS-Petenis asal Jerman Alexander Zverev, tersingkir awal setelah dia tak mampu bertahan di putaran kedua Paris Masters di Prancis, Rabu (1/11).

Timnas Indonesia Ditunggu 3 Uji Coba
JAKARTA-Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, memastikan Timnas Indonesia siap menjalani tiga laga uji coba pada November ini. Timnas U-23 dan senior akan meladeni Suriah dan Guyana untuk menambah poin penghitungan peringkat FIFA.

POLEEMIK TAKSI : Sultan Minta 2 Pihak Duduk Bersama
JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyarankan taksi dalam jaringan (daring) maupun konvensional untuk duduk bersama dan bersinergi.

Haryadi Minta Jangan Aji Mumpung
UMBULHARJO-Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti meminta para pelaku usaha tidak memanfaatkan gelaran Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara untuk mengeruk keuntungan di luar batas kewajaran, meski kegiatan itu dilaksanakan setahun sekali.

BANGUNAN ILEGAL : Pemerintah Diminta Siap Bongkar Paksa
SLEMAN-The Lost World Castle, obyek wisata (obwis) harus segera dibongkar paksa. Pemkab Sleman diminta tegas menyikapi keberadaan obwis yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, tepatnya di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan itu.

Bantuan Ternak Susahkan Pemdes
BANTUL-Polemik bantuan ternak sebagai bagian dari program bertajuk Pembangunan Partisipatif Masyarakat Desa (P2MD) yang ditunda oleh Bupati Bantul ditanggapi beragam oleh berbagai pihak. Salah satunya dari pemerintah desa (pemdes) yang menganggap bantuan ini cukup menyusahkan.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Era Tahun 1930-an

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (27/10/2017). Esai ini karya Nurudin, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang dan penulis buku Pengantar Komunikasi Massa. Alamat e-mail penulis adalah nurudin@umm.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini saya sedikit risau dengan hiruk pikuk pembicaraan di…