Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyurvei Benteng Pendem di Ngawi, Rabu (1/11/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyurvei Benteng Pendem di Ngawi, Rabu (1/11/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Rabu, 1 November 2017 21:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

WISATA NGAWI
Benteng Pendem Ngawi Direnovasi 2018

Wisata Ngawi, Benteng Van den Bosch direncanakan direnovasi pada 2018.

Solopos.com, NGAWI — Benteng Van den Bosch yang lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi akan direnovasi pada 2018. Anggaran yang disediakan mencapai Rp5 miliar.

Pantauan Madiunpos.com di benteng tersebut, Rabu (1/11/2017) siang, sejumlah petugas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyurvei Benteng Pendem. Mereka melihat-lihat bangunan peninggalan zaman penjajahan Belanda itu.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ngawi, Warsito, mengatakan tim dari Kementerian PUPR menyurvai bangunan Benteng Pendem terkait rencana renovasi benteng yang pernah ditinggali Jenderal Van den Bosch pada tahun 1830-1833 itu.

“Pemkab Ngawi mengusulkan renovasi Benteng Pendem ke pemerintah pusat,” kata dia.

Warsito menyampaikan anggaran renovasi Benteng Pendem sekitar Rp5 miliar. Proses renovasi akan dimulai pada 2018.

Renovasi ini dilakukan karena melihat bangunan benteng itu sudah rusak dan tidak terawat. Padahal, benteng ini menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Ngawi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Mengenai renovasi benda cagar budaya tersebut, kata dia, Kementerian PUPR akan menggandeng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Balai Arkeologi Yogyakarta, dan Laboratorium Borobudur. Ini dilakukan supaya renovasi tersebut tidak merusak bangunan cagar budaya itu.

“Karena ini cagar budaya, jadi perlakuannya khusus dan tidak bisa sembarangan,” kata dia.

Bahan-bahan bangunan yang digunakan juga sebisa mungkin mirip atau mendekati kondisi aslinya. Hal ini supaya hasil renovasi tidak merusak bangunan sebelumnya.

Renovasi ini ditargetkan dilakukan secara bertahap yaitu pada 2018 akan direnovasi bangunan pintu gerbang masuk dan kantor Jenderal Van den Bosch di tengah benteng. Sedangkan bangunan lainnya akan diusulkan tahun-tahun berikutnya.

Lowongan Pekerjaan
CV SINDUNATA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…