Ilustrasi Pemilu 2019. (kpu.go.id) Ilustrasi Pemilu 2019. (kpu.go.id)
Rabu, 1 November 2017 11:20 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Seleksi Calon Panwascam di Gunungkidul Masuki Tahap Tes Tertulis

“Mudah-mudaha pelaksanaan tes dapat berjalan lancar sehingga proses rekrutem dapat selesai tepat waktu”

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gunungkidul akan mengumungkan peserta yang lolos seleksi administrasi calon anggota panwascam pada Selasa (31/10/2017). Dari total 236 pendaftar, berkas dari 24 pelamar dinyatakan gugur karena tidak memenuhi persyaratan.

Rencananya, calon pelamar yang lolos akan melakukan ujian tertulis pada Sabtu (4/11/2017) mendatang. Ketua Panwaslu Gunungkidul Antok mengatakan, pihaknya masih melakukan pencermatan terhadap berkas pendaftaran calon anggota panwascam. Dia pun berjanji akan memberikan pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi pada hari ini.

“Sudah kami umumkan, hasilnya ada 24 pelamar yang tidak lolos seleksi. Sedang 236 pelamar lainnya berhak maju ke tes tahap berikutnya, yakni menjalani ujian tertulis,” kata Antok kepada Harian Jogja, Senin (30/10/2017).

Dia menjelaskan, 24 pelamar yang dinyatakan gugur karena tidak memenuhi persyaratan. Salah satunya disebabkan umur calon tidak memunuhi batas minimal sehingga terpaksa dicoret. Anggota panwascam yang dibutuhkan sebanyak tiga orang di masing-masing kecamatan. Rencananya pada Sabtu (4/11/2017), para peserta yang lolos akan menjalani ujian tes tertulis.

Di dalam tes tertulis ini, akan diambil enam peserta terbaik untuk menjalani seleksi wawancara untuk dipilih tiga kandidat anggota panwascam di masing-masing kecamatan. “Untuk bisa menjadi anggota panwascam, masing-masing peserta harus bisa melalui tahapan dalam tes,” ujar mantan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panggang ini.

Ketua Panitia Rekrutmen Anggota Panwascam, Panwaslu Gunungkidul Tri Widodo mengakui selama masa pendaftaran, calon pelamar sangat antusias. Ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftar. Meski demikian, di tahap awal, tidak semua kuota di seluruh kecamatan terpenuhi karena masih lima kecamatan yang kekurangan. Untuk itu, panwaslu memutuskan memperpanjang pendaftaran untuk wilayah kecamatan Gedangsari, Purwosari, Ngawen, Tepus dan Panggang.

“Perpanjangan sudah ditutup kemarin [Senin, 30/10/2017] dan hasilnya kuota minimal sembilan pendaftar di setiap kecamatan dapat terpenuhi,” kata dia.

Ia mengatakan, pasca penutupan perpanjangan maka tahapan dilanjutkan untuk seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. “Mudah-mudaha pelaksanaan tes dapat berjalan lancar sehingga proses rekrutem dapat selesai tepat waktu,” ungkap dia.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…