Prewedding Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Hyatt Regency Hotel, Selasa (19/9/2017). (Istimewa/All Seasons Photo) Prewedding Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di Hyatt Regency Hotel, Selasa (19/9/2017). (Istimewa/All Seasons Photo)
Rabu, 1 November 2017 12:40 WIB Mediani Dyah Natalia/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PREWEDDING PUTRI PRESIDEN
Mbak Ayang Pengin Banget Desain Kami

Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo memilih Jogja sebagai salah satu tempat penyelenggaraan prewedding.

Solopos.com, JOGJA— Sebagai putri orang nomor satu di RI, Kahiyang Ayu dapat saja memilih lokasi ternama di dunia untuk lokasi prewedding. Namun, calon istri dari Muhammad Bobby Afif Nasution justru memilih tempat-tempat di dalam negeri. Jogja menjadi salah satu tempat terpilih dan Royal Kinanthi Dekor, mendapat kesempatan untuk mempercantik sesi foto prewedding itu. Bagaimana ceritanya, berikut laporan wartawan Harianjogja.com Mediani Dyah Natalia.

Bingung. Kata ini yang pertamakali diucapkan Puspa Candrajati, pemilik Royal Kinanthi Dekor kepada Harianjogja.com saat ditanya awal mula dipercaya mempersiapkan dekorasi prewedding untuk Kahiyang-Bobby. Bukan karena grogi, melainkan karena tak mengenal siapa pihak yang menghubunginya.

“Harinya itu hari Sabtu (16/9/2017). Pagi-pagi kami ditelepon. Kami tidak tahu siapa yang menghubungi. Dia hanya bilang Mbak Ayang pengin kami mendekor untuk prewedding. Kami sendiri bingung, mbak Ayang ini siapa. Kami enggak tahu, tapi dia bilang mbak Ayang pengin banget desain dekorasi seperti yang kami upload di instagram milik kami,” kata perempuan yang menjalankan usaha ini bersama sang suami, Irawan, Senin (30/10/2017).

Penelepon, kata dia, menekankan kata harus dan mbak Ayang berulang kali. Alhasil, dia tidak memiliki kesempatan untuk mengatakan ya dan tidak atas tawaran ini.

Meski serba bingung dan tak mengetahui identitas si penelepon, Puspa berusaha mencari tahu jati diri penelepon lewat kata kunci mbak Ayang. Selang sehari, dia baru mengetahui mbak Ayang yang dimaksud adalah putri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo. Adapun si penelepon adalah asisten Kahiyang.

Begitu identitas ini terbuka, puzzle pertanyaan mulai terjawab satu demi satu. Bahwa Kahiyang menginginkan suasana prewedding ala Nusantara. Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah adalah objek yang pertama dipilih. Kemudian, dia juga menginginkan pemotretan di Situs Warung Boto, Umbulharjo, Jogja.

“Mbak Kahiyang ingin foto di Jogja dan berusaha mencari tahu, selain situs-situs mana lagi. Kalau area wisata Jogja yang baru, beliau tidak mau. Kebetulan, beliau menginap di Hyatt Regency Hotel. Beliau merasa kalau nginep tok, kok kurang. Ngapain lagi. Lalu searching dan kepo dengan wedding di sini [Hyatt] yang kami garap. Katanya aneh dan unik. Karena itu kami dihubungi,” tambah dia.

Kebingungan tidak berhenti ketika identitas penelepon terbuka. Pasalnya, jarak antara ditelepon dan pelaksanaan hanya tiga hari. Sabtu pagi dihubungi, Minggu (17/9/2017) baru Puspa mengetahui identitas si penelepon, Senin (18/9/2017) sekitar 22.00-23.00 WIB mulai mendekorasi dan Selasa (19/9/2017) pemotretan dilakukan mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Meski serba mendadak, Puspa berusaha menjawab permintaan klien dengan profesional. Lewat perbincangan singkat dengan asisten Kahiyang, dia mempersiapkan beberapa desain untuk tiga titik di Hyatt Regency Hotel. Adapun konsep yang dipilih berupa ceremony, engagement dan area garden natural dengan tatanan kursi gaya eropa.

Engagement seperti yang saya posting di instagram. Ada bunga-bunga, di garden, european style, ada kursi dan sofa eropa begitu. Meski konsepnya ada yang ala eropa, tapi ada sentuhan budaya Nusantara. Karena calon pengantin mengenakan batik, ada juga sesi yang memakai tenun tradisional Batak,” tambahnya.

Kepuasan dan kebanggaan dirasakan Puspa dan suami saat pujian dikeluarkan Kahiyang dan Bobby. Terlebih lagi, dia sebelumnya belum pernah bertemu pasangan yang akan menikah 8 November itu.

“Ketemuannya ya pagi itu [19/9/2017], saya menyiapkan konsep sesuai permintaan. Lalu dibantu fotografer dan asisten saat on the spot. Kami mendapat masukan, bagusnya begini dan mbak Kahiyang maunya seperti ini. Lalu saat mbak Kahiyang datang dan mengatakan wow, kami merasa lega. Kata mbak Kahiyang, ini yang beliau mau,” paparnya.
Kahiyang, kata dia, sempat menyesal. Bukan karena menemukan kekurangan dari dekorasi yang dipersiapkannya. Namun karena baru saat itu mengenal Royal Kinanthi Dekor. Jika lebih cepat bertemu, dia ingin pernikahannya juga digarap vendor yang berlokasi di Sleman itu.
Ditanya mengenai kesan memiliki klien seorang putri Presiden, Puspa mengaku sama sekali tak merasa canggung. Sebab Kahiyang dan Bobby tidak pernah memberikan batasan.

“Orangnya simpel, menyenangkan. Enggak ada pembeda. Sempat tidak percaya beliau putri presiden. Apalagi sahabat mbak Kahiyang sejak kuliah yang ikut menemani. Karena guyon terus dengan kami, jadi suasananya cair sekali. Paginya [20/9/2017], mbak Kahiyang kembali foto prewedding. Kali ini ke Bali,” kata dia.

Vicky Shu
Hanya berjarak beberapa hari setelah menunaikan tugas mendekor untuk prewedding Kahiyang dan Bobby, Royal Kinanthi Dekor dipercaya menata upacara pernikahan impian artis ibukota, Vicky Shu dan Ade Imam. Penyanyi cantik ini memilih Candi Borobudur sebagai lokasi resepsi pernikahan.

“Mbak Vicky ini mimpinya menikah di candi dan Borobudur dipilih setelah melihat karya-karya kami. Beliau ingin pernikahan adat jawa yang ndeso, merakyat. Tidak ingin kelihatan mewah dan Borobudur harus terlihat. Gebyok yang dipilih juga yang kampung, tidak mau yang elegan dan mewah. Begitu juga kursi, maunya yang seng murah meriah ala kampung,” terang perempuan berambut panjang ini.
Begitu upacara digelar, Vicky, kata Puspa, merasa bahagia karena pernikahan impiannya dapat terwujud. Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang jasa, tentu hal ini menjadi kepuasan tersendiri bagi Royal Kinanthi Dekor.
“Ternyata lagi, mbak Kahiyang ini temannya mas Imam, suami mbak Vicky. Keduanya sama-sama orang Solo. Pas married, beliau juga hadir bersama mas Bobby. Kami sempat ngobrol lagi. Dan mbak Kahiyang kembali mengatakan menyesal baru bertemu kami sekarang. Semua ini menunjukkan jika mbak Kahiyang ini sangat low profile. Kalau kami sendiri, bisa menjadi bagian prewedding mbak Kahiyang sudah senang sekali,” tutup dia.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…