Ilustrasi Partai Keadilan Sejahtera (JIBI/Solopos/Antara/Doc.) Ilustrasi Partai Keadilan Sejahtera (JIBI/Solopos/Antara/Doc.)
Rabu, 1 November 2017 11:55 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PKS Minta Moratorium Pembangunan Hotel Selama Lima Tahun

“Kontrak politik kami saat memutuskan mendukung Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi salah satu programnya adalah moratorium pembangunan hotel di Jogja”

Solopos.com, JOGJA-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan Pemerintah Kota Jogja untuk memperpanjang moratorium izin pembangunan hotel sampai lima tahun ke depan. Usulan itu tertuang dalam Pandangan Umum Fraksi terkait Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Ketua Fraksi PKS Nasrul Khoiri mengatakan, usulan partainya soal moratorium izin pembangunan hotel bagian dari komitmen dukungan PKS untuk Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi. “Kontrak politik kami saat memutuskan mendukung Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi salah satu programnya adalah moratorium pembangunan hotel di Jogja,” kata Nasrul, Selasa (31/10/2017).

Oleh karena itu, dalam pembangunan Jogja ke depan, pihaknya akan mengawal agar tidak ada program yang mengarah pada pembangunan hotel. Nasrul mengatakan, usulannya itu berdasarkan fakta di lapangan dan juga masukkan dari masyarakat bahwa hotel di Jogja sudah terlalu banyak. Sementara, tingkat hunian hotel masih di bawah rata-rata.

Nasrul juga menilai belum ada dampak yang signifikan pada masyarakat dari banyaknya hotel dari maraknya pembangunan hotel. Bahkan pendapatan daerah dari sektor perhotelan dinilainya masih rendah. “Dulu hotel dibangun untuk meningkatkan pajak daerah, sekarang tidak ada korelasinya jika tidak mendongkrak pendapatan asli daerah,” ujar Nasrul.

Usulan PKS ini hampir sama dengan usulan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY. Namun, jangka waktu perpanjangan moratorium yang diusulan PHRI hanya tiga tahun. Alasan moratorium, karena tingkat hunian kamar hotel masih di bawah 60 persen. Selain itu, persaingan antar hotel juga belum terkendali.

PHRI mempresidksi tingkat hunian hotel akan meningkat kembali setelah bandara internasional di Kulonprogo beroperasi. Jumlah hotel yang ada di DIY saat ini sebanyak 1.030 hotel non bintang, 660 di antaranya berada di Kota Jogja. Sementara hotel berbintang sebanyak 166, sebagiannya ada dalam kota Jogja.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…