Jogja
Rabu, 1 November 2017 - 11:55 WIB

PKS Minta Moratorium Pembangunan Hotel Selama Lima Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Partai Keadilan Sejahtera (JIBI/Solopos/Antara/Doc.)

“Kontrak politik kami saat memutuskan mendukung Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi salah satu programnya adalah moratorium pembangunan hotel di Jogja”

Harianjogja.com, JOGJA-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan Pemerintah Kota Jogja untuk memperpanjang moratorium izin pembangunan hotel sampai lima tahun ke depan. Usulan itu tertuang dalam Pandangan Umum Fraksi terkait Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Advertisement

Ketua Fraksi PKS Nasrul Khoiri mengatakan, usulan partainya soal moratorium izin pembangunan hotel bagian dari komitmen dukungan PKS untuk Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi. “Kontrak politik kami saat memutuskan mendukung Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi salah satu programnya adalah moratorium pembangunan hotel di Jogja,” kata Nasrul, Selasa (31/10/2017).

Oleh karena itu, dalam pembangunan Jogja ke depan, pihaknya akan mengawal agar tidak ada program yang mengarah pada pembangunan hotel. Nasrul mengatakan, usulannya itu berdasarkan fakta di lapangan dan juga masukkan dari masyarakat bahwa hotel di Jogja sudah terlalu banyak. Sementara, tingkat hunian hotel masih di bawah rata-rata.

Nasrul juga menilai belum ada dampak yang signifikan pada masyarakat dari banyaknya hotel dari maraknya pembangunan hotel. Bahkan pendapatan daerah dari sektor perhotelan dinilainya masih rendah. “Dulu hotel dibangun untuk meningkatkan pajak daerah, sekarang tidak ada korelasinya jika tidak mendongkrak pendapatan asli daerah,” ujar Nasrul.

Advertisement

Usulan PKS ini hampir sama dengan usulan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY. Namun, jangka waktu perpanjangan moratorium yang diusulan PHRI hanya tiga tahun. Alasan moratorium, karena tingkat hunian kamar hotel masih di bawah 60 persen. Selain itu, persaingan antar hotel juga belum terkendali.

PHRI mempresidksi tingkat hunian hotel akan meningkat kembali setelah bandara internasional di Kulonprogo beroperasi. Jumlah hotel yang ada di DIY saat ini sebanyak 1.030 hotel non bintang, 660 di antaranya berada di Kota Jogja. Sementara hotel berbintang sebanyak 166, sebagiannya ada dalam kota Jogja.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif