Ilustrasi Becak (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) Ilustrasi Becak (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Rabu, 1 November 2017 07:35 WIB Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos Solo Share :

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI
Ditugasi Antar Jemput Tamu Resepsi Kahiyang Ayu, 50 Tukang Becak Dicek Kesehatannya

Sebanyak 50 becak akan dikerahkan untuk mengantar dan menjemput tamu resepsi pernikahan Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 50 pengemudi becak di Kota Solo bakal turut mangayubagya pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Muhammad Bobby Afif Nasution pada 8 November mendatang.

Tukang becak tersebut disiapkan untuk mengantar tamu undangan dari dua tempat parkir, yakni Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar sampai gedung resepsi Graha Saba Buana. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan tukang becak yang disiapkan untuk tamu undangan wajib lolos tes kesehatan.

“Kami sudah usulkan kepada keluarga agar tetap menggunakan armada becak. Sebanyak 50 tukang becak ini akan dicek kesehatan,” kata Rudy sapaan akrabnya kepada wartawan, Selasa (31/10/2017).

Rudy mengatakan tes kesehatan bagi pengemudi becak dilakukan untuk mengantisipasi kejadian saat pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda, pada 2015 lalu. Saat itu ada tukang becak yang meninggal dunia saat ikut mengantar tamu.

Diduga tukang becak tersebut kecapekan. Tak ingin hal itu terulang, Pemkot lebih selektif memilih pengemudi becak yang mendapat tugas tersebut. “Jadi nanti kita cek betul kesehatan dan armada becaknya,” katanya.

Menurut Rudy, para tamu undangan nanti bisa menikmati sensasi naik becak saat menghadiri pernikahan Kahiyang. Nantinya 50 pengemudi becak disebar masing-masing 25 becak di Lapangan Sumber dan Lapangan Banyunyar.

Becak akan melengkapi moda transportasi yang akan digunakan tamu undangan selain bus. Bus ini nantinya sepenuhnya disiapkan keluarga Jokowi.

Ketua Paguyuban Becak Solo, Sardi Ahmad, mengatakan tes kesehatan akan dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) pada Rabu (1/11/2017) pukul 09.00 WIB. Tes kesehatan dianggap penting untuk mengantisipasi dampak buruk saat melaksanakan tugas dalam hajatan pernikahan Kahiyang-Bobby.

“Sejauh ini kami belum menerima order mengantar tamu saat hajatan Presiden nanti. Tapi 50 pengemudi becak memang diminta menjalani tes kesehatan di Kantor Dishub, Rabu pagi,” katanya.

Dia mengatakan keterlibatan para pememudi becak itu sebagai bentuk turun mangayubagya (memeriahkan) Presiden Jokowi mantu. Ditambahkan Sardi, para pengemudi becak selain menyiapkan fisik yang prima juga melakukan perbaikan armada agar tidak ada masalah saat mengantar tamu nanti. Disinggung adanya penyeragaman becak dan baju pengemudi, hal itu pasti akan dilakukan.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…