Logo Gunungkidul Logo Gunungkidul.
Rabu, 1 November 2017 15:40 WIB Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

KEARIFAN LOKAL
Tak Bergantung ke Pemerintah Warga di Gunungkidul Iuran Bangun Balai Dusun

Warga iuran bangun balai busun.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL— Warga Dusun Gentungan, Desa Karangmojo iuran swadaya untuk membangun balai dusun. Hasil iuran yang saat ini terkumpul telah digunakan untuk membeli lahan yang hendak dibangun balai dusun.

Kearifna lokal warga itu diungkapkan Kepala Dusun Gentungan Endi Purwanto. Ia mengatakan, tidak adanya tempat untuk berkumpul menjadi salah satu penyebab kurangnya penyerapan informasi dari pemerintah kepada warga. Selama ini warga Gentungan masih menumpang di rumah warga untuk kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Untuk itu warga kemudian berinisiatif untuk iuran swadaya membeli lahan untuk dibangun balai dusun. “Kami beli tanah dari seorang warga seharga Rp40 juta. Uang itu kami dapatkan dari iuran warga, baik yang berada di Getungan maupu yang berada di perantauan”, kata dia seperti dikutip dari laham resmi Desa Karangmojo belum lama ini.

Namun demikian lahan seluas 480 meter persegi tersebut belum langsung dapat dibangun balai dusun. Pasalnya untuk pembangunannya warga masih harus iuran lagi. “Biaya untuk membangun balai dusun sendiri diperkirakan mencapai Rp90 juta. Dana ini nantinya berasal dari masyarakat setempat atau yang di perantau serta dari para donator,” ujar Endi.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…