Teknologi
Rabu, 1 November 2017 - 13:10 WIB

Gara-Gara Kamera Smartphone, Nikon Tutup Pabrik Camdig

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kamera Nikon (Ubergizmo)

Nikon mengatakan smartphone telah mengikis bisnis kamera pocket.

Solopos.com, JIANGJU – Nikon menyatakan teknologi kamera smartphone menyebabkan runtuhnya pasar kamera pocket. Produsen kamera itu kini memutuskan untuk menutup pabrik kamera digital (camdig) di provinsi Jiangu, China.

Advertisement

Dilansir Peta Pixel, Rabu (1/11/2017), keputusan ini dibuat dewan direksi Nikon pada sebuah pertemuan yang dilakukan 30 Oktober. Nikon Imagine, anak perusahaan Nikon di China itu telah terbentuk sejak 2002 di kota Wuxi, Jiangsu, China.

Pabrik itu telah bertanggungjawab untuk perakitan kamera pocket dan lensa DSLR, serta mempekerjakan 2.285 pekerja hingga bulan September lalu.

Nikon mengatakan keputusan untuk menutup pabrik di China itu dikarenakan smartphone yang mengikis bisnis kamera pocket.

Advertisement

“Dalam beberapa tahun terakhir, karena munculnya smartphone, pasar kamera pocket telah menyusut dengan cepat, menyebabkan penurunan tingkat operasi yang signifikan di Nikon Imagine China dan menciptakan lingkungan bisnis yang sulit,” kata Nikon.

Selain di China, Nikon juga memproduksi kamera digitalnya di fasilitasnya di Jepang dan Thailand.

Pasar kamera pocket saat ini terbilang hampir mati setelah menghadapi persaingan selama setengah dasawarsa terakhir, seiring peningkatan kualitas kamera smartphone yang semakin tinggi. Alhasil kejayaan kamera pocket tergerus.

Advertisement

“Pasar global untuk kamera pocket menyusut hingga sepersepuluh dari puncaknya dalam dekade terakhir. (Nikon) mengharapkan untuk menjual 4,8 juta kamera digital secara keseluruhan pada tahun terakhir yang berakhir pada Maret 2018, tercatat turun 24%. Untuk segmen kamera pocket, penjualan diproyeksikan turun 28%,” tulis laporan Nikkei Asian Riview.

Mengatasi persaingan yang semakin ketat, Nikon menjalankan restrukturisasi dimana perusahaan akan lebih fokus pada “produk yang bernilai tambah tinggi”, seperti kamera DSLR dan kamera mirrorless Nikon selanjutnya yang dirumorkan mengusung sensor full frame.

Advertisement
Kata Kunci : Kamera Digital Nikon
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif