Ilustrasi gudang bisnis online Lazada (Kaskus.co.id) Ilustrasi gudang bisnis online Lazada (Kaskus.co.id)
Rabu, 1 November 2017 12:55 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Ekonomi Share :

Ekonomi Digital Tingkatkan Efisiensi Produksi

Dengan ekonomi digital, produksi dapat ditangani lebih baik, cepat, dan akurat menggunakan mesin digital

Solopos.com, JOGJA-Ekonomi digital yang mulai berkembang di Indonesia dirasa mampu meningkatkan efisiensi produksi, distribusi, pemasaran produk, dan pemerataan ekonomi. Pengusaha diminta berbenah dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang.

Keuntungan ekonomi digital dirasakan pelaku bisnis sepatu berlabel Amazara. Uma Hapsari selaku pemilik mengaku keuntungan ekonomi digital bisa dirasakan oleh semua orang. “Keuntungannya [ekonomi digital] lebih merata. Sekarang enggak hanya segelintir orang yang punya akses menjadi pengusaha tetapi setiap orang punya kesempatan yang sama untuk jadi pengusaha dan gratis,” tuturnya, Selasa (31/10/2017)

Pengamat ekonomi dari Universitas Pembangunan Negeri (UPN), Ardito Bhinadi menyampaikan, dengan ekonomi digital, produksi dapat ditangani lebih baik, cepat, dan akurat menggunakan mesin digital. Terobosan ini mampu mengurangi tenaga manusia dan mengurangi human error selama proses produksi.

“Demikian pula dalam proses distribusi tidak diperlukan lagi kendaraan sendiri karena dapat memanfaatkan jasa perusahaan logistik. Sementara pemasaran dapat dilakukan secara online menggunakan e-commerce, marketplace, dan pemasaran online lainnya,”
katanya.

Namun sebaliknya, bagi pengusaha yang enggan berubah, maka semakin tertinggal dan bisa dimungkinkan bisnisnya akan tutup karena kalah bersaing.

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…