Teknologi
Rabu, 1 November 2017 - 23:45 WIB

2 Hari, 30 Juta Pelanggan Prabayar Telah Registrasi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kartu SIM (Wisegeek.com)

Dalam dua hari, Kominfo mencatat 30 juta pelanggan kartu seluler telah melakukan registrasi.

Solopos.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M. Ramli menyampaikan hingga Rabu (1/11/2017) tercatat 30 juta pelanggan seluler mendaftarkan kartu prabayar.

Advertisement

“Hingga Rabu, 1 November 2017 pukul 16.30 terdata sudah 30.201.602 SIM card yang diregistrasi. Pesan kami, ikuti yang sudah registrasi. Ini dicontohkan dengan 30 juta tadi, sangat responsif dan antusias. Kami juga surprise,” katanya saat Konferensi Pers tentang Registrasi Kartu Prabayar di Ruang Ukir Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Dirjen PPI menegaskan masyarakat tidak khawatir akan simpang siurnya informasi yang beredar. “Tidak perlu adanya kekhawatiran tentang hoaks, registrasi kartu prabayar ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian, kenyamanan, keamanan kepada masyarakat. Tidak ada maksud lain kecuali itu,” tandasnya sebagaimana dilansir dalam situs resmi Kominfo.go.id.

Mengenai kekhawatiran masyarakat akan keamanan datanya, Ramli menegaskan setiap operator penyelenggara layanan telekomunikasi sepenuhnya menjamin perlindungan data pribadi. “Operator dan mitra menjamin perlindungan data pelanggan. Prinsipnya, operator tidak menarik data dari Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri), mereka hanya memvalidasi data,” paparnya.

Advertisement

Hal ini turut dibenarkan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys. “Kami sebagai operator diwajibkan untuk mengikuti ISO 27001 tentang information security management. Juga ada Peraturan Menkominfo yang mewajibkan operator untuk mengikuti ISO tersebut. Itu dijaga keamanannya,” tegas Merza yang juga menjabat Direktur Utama Smart Telecom.

Merza juga menjelaskan seluruh operator yang tergabung dalam ATSI berkomitmen mendukung program registrasi kartu prabayar yang dilaksanakan pemerintah. “Kami berkumpul di sini untuk menunjukkan komitmen kita bahwa ini program nasional yang manfaatnya demi kenyamanan dan keamanan masyarakat pengguna seluler,” jelasnya.

Merza menyakinkan pendaftaran ulang itu ditujukan untuk pendataan dan kepentingan pelanggan, bukan untuk kebutuhan lain. “Program ini tidak untuk kebutuhan yang aneh-aneh, ini demi data yang valid. Kita sudah buktikan 2 hari ini bisa mencapai 30 juta, itu bukan main,” lanjut Merza.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif