Pasien saat mendapatkan perawatan kecantikan di Klinik Estetik Indriati Solo Baru, belum lama ini. (Istimewa/Klinik Estetika Indriati)
Senin, 30 Oktober 2017 21:00 WIB Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos Kesehatan Share :

TIPS KESEHATAN
Klinik Estetik RS Indriati Soba: Beda Usia, Beda Perawatan Kulit

Tips kesehatan dari Klinik Estetik RS Indriati Solo mengungkap perbedaan perawatan kulit berdasarkan usia.

Solopos.com, SOLO — Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang memancarkan kecantikan. Tak heran jika banyak orang yang melakukan perawatan demi mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Tahukah jika ternyata berbeda usia, beda pula cara perawatannya?

Dokter spesialis kulit dari Rumah Sakit Indriati Solo Baru, dr. Dyah Cinde Cahyani SpKK, mengatakan bahwa kulit manusia sangat beragam. Baik dari jenisnya, warnanya, ketebalannya, dan sensitifitasnya tergantung usia, jenis kelamin, ras, maupun iklim dimana manusia tersebut tinggal.

Menurutnya, masalah yang muncul pada kulitpun juga bervariasi. Jenis perawatan yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Usia sangat mempengaruhi kulit, sehingga treatment yang diberikan juga berbeda.

Seperti pada usia remaja, masalah yang sering dikeluhkan adalah munculnya jerawat. Pada remaja yang menderita jerawat yang berat seringkali menimbulkan rasa tidak tidak percaya diri sampai mengganggu sosialisasinya.

“Penanganan untuk kasus jerawat disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Mulai dari pemberian obat oles, obat minum, hingga treatment khusus seperti chemical peeling, ekstraksi komedo, maupun terapi sinar biru. Namun karena pencetus jerawat beragam, penanganan yang sudah diberikan seringkali tidak dapat mencegah munculnya kembali jerawat. Perlu adanya perbaikan pengaturan lifestyle, seperti pola makan hingga pola tidur,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di RS Indriati Solo Baru, belum lama ini.

Berbeda dengan kelompok usia remaja, pada kelompok usia dewasa muda (22 – 30 tahun) umumnya menginginkan kulit yang putih dan bersih. Padahal kulit rata-rata orang Indonesia berwarna sawo matang.

Kemudian, kebanyakan memilih menggunakan krim yang bisa memutihkan kulit, di antaranya mendapatkan dari pasar bebas. Tidak semua krim pemutih berbahaya, tergantung dengan kandungannya. Pemilihan krim ini juga tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan berbagai efek samping.

Alih–alih wajah putih bak porselen yang didapatkan namun kulit yang tipis, kemerahan akibat pelebaran pembuluh darah kulit, mudah iritasi dan mudah terbakar sinar matahari, bahkan dapat muncul flek abu–abu kehitaman yang sulit dipulihkan. “Untuk mencerahkan kulit itu membutuhkan beberapa step. Jika menemukan yang instan pun belum tentu aman untuk jangka pendek maupun jangka panjang,” jelasnya.

Sedangkan untuk usia di atas 40 tahun biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan berupa garis kerutan, flek coklat maupun kutil – kutil kecoklatan di wajah. Paparan sinar matahari, hormon, polusi, dan stress mempercepat munculnya penuaan dini. Perawatan yang cukup sederhana untuk memperlambat munculnya tanda–tanda penuaan adalah dengan rutin menggunakan tabir surya.

Tabir surya yang baik menurutnya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B. Cara mudah lain yakni mengenakan topi maupun payung saat berada di bawah terik matahari. “Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti pada buah–buahan dan sayuran,” jelasnya.

Selain dengan penggunaan tabir surya dan mengkonsumsi makanan berantioksidan, beberapa treatment masih diperlukan untuk mendapatkan hasil lebih optimal. Klinik Estetik Indriati yang berada di lingkup RS Indriati Solo Baru memiliki beragam fasilitas yang membantu masyarakat untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Treatment untuk rejuvenasi atau peremajaan kulit beragam, seperti facial, mikrodermabrasi, mesoterapi tanpa atau dengan jarum, dan chemical peeling, injeksi Botox, maupun filler yang bisa membantu memperbaiki kerutan pada wajah dan memberikan volume.

Electrocauter untuk menghilangkan kutil atau bintik-bintik kecoklatan di wajah juga tersedia disini. Selain perawatan wajah, untuk kasus selulit, pengencangan kulit yang kendor di badan, juga dapat diatasi dengan mesoterapi. Selain itu masih banyak perawatan yang bisa diperoleh dengan harga menarik. Apalagi saat opening ini Klinik Estetik Indriati memberikan promo 15% all item dan semua perawatan.

lowongan pekerjaan
DAQU TRAVEL HAJI & UMROH SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…