Lifestyle
Senin, 30 Oktober 2017 - 02:10 WIB

Terlalu Kurus Tingkatkan Risiko Menopause Dini

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita kurus (Pinterest)

Memiliki tubuh terlalu kurus ternyata meningkatkan risiko menopause dini.

Solopos.com, SOLO – Sebagian wanita rela melakukan apapun demi mendapatkan bobot tubuh ideal. Mereka rela melewatkan jam makan atau diet ketat untuk memangkas kelebihan berat badan.

Advertisement

Tahukah Anda, apa yang dilakukan banyak wanita tersebut tidaklah dianjurkan. Memiliki tubuh terlalu kurus memiliki efek negatif.

Sebuah studi baru menemukan menjadi remaja kurus meningkatkan risiko wanita mengalami menopause dini. Selain itu, kasus ini ditemukan juga pada wanita pertengahan 30-an juga.

Untuk penelitian ini seperti dikutip dari Bolsky, Sabtu (28/10/2017), para periset telah mempertimbangkan sekitar 78.759 wanita pra-menopause berusia 25 sampai 42 tahun yang bergabung dengan Studi Kesehatan Perawat AS II pada tahun 1989 dan dianalisis.

Advertisement

Sejarah medis dan perilaku tertentu dari para peserta seperti merokok dan olahraga juga dipertimbangkan untuk penelitian ini. Peserta ditindaklanjuti hingga 2011.

Sebanyak 2.804 peserta telah melaporkan mengalami menopause dini. Sementara itu, juga dicatat bahwa, wanita yang masuk dalam kategori ini pada usia berapapun memiliki 30% peningkatan risiko menopause dini dibandingkan dengan wanita kurus atau berat badan normal dengan BMI antara 18,5 dan 22,4.

Menurut penelitian, untuk wanita yang memiliki berat badan kurang pada usia 18 tahun dengan BMI kurang dari 17,5, risikonya meningkat sebesar 50%.

Advertisement

Wanita yang memiliki berat badan kurang pada usia 35 memiliki kemungkinan 59% kemungkinan menopause dini. Penelitian ini dipublikasikan dalam terbitan terakhir jurnal Human Reproduction.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif