Soloraya
Senin, 30 Oktober 2017 - 07:35 WIB

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Wali Kota Solo Rudy Didapuk Jadi Atur Pambagyaharja

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan mengenai rencana pernikahan putrinya Kahiyang Ayu di kediamannya, Minggu (29/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dipercaya menyampaikan pidata selamat datang saat pernikahan putri Presiden Jokowi.

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo didapuk menjadi atur pambagyaharja atau menyampaikan pidato ucapan selamat datang kepada tamu undangan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution pada 8 November mendatang di Graha Saba Buana, Solo.

Advertisement

Sebelumnya, Rudy, sapaan akrab Wali Kota, juga menjadi atur pambagyaharja saat pernikahan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda. “Saya ditunjuk lagi untuk jadi pambagyaharja dalam acara itu,” kata Rudy sapaan akrabnya ketika dijumpai wartawan, Minggu (29/10/2017). (Baca: Dua Tokoh Ini Akan Jadi Saksi Akad Nikah Kahiyang-Bobby)

Rudy akan mewakili keluarga Jokowi berpidato di depan tamu undangan. Bagi masyarakat Jawa, atur pambagyaharja adalah seseorang yang ditunjuk mewakili sang pemangkugati (yang punya hajat) berpidato di depan tamu undangan. Rudy mengaku tidak ada persiapan apa-apa untuk itu.

Hal itu karena Rudy memang sudah terbiasa menjadi atur pambagyaharja di setiap acara pernikahan saudara maupun kerabat dekat. Karenanya saat diminta menjadi atur pambagyaharja untuk acara pernikahan Kahiyang dan Bobby, Rudy langsung menyanggupinya.

Advertisement

“Nanti berarti saya kedua kali ini jadi atur pambagyaharja untuk acara pernikahan anak Presiden. Dulu Mas Gibran, sekarang Mbak Ayang,” katanya.

Saat ini, beragam persiapan pendukung menjelang pernikahan Kahiyang dan Bobby terus dimatangkan Pemkot Solo, seperti menyiapkan fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden. Selain itu juga persiapan rekayasa lalu lintas, parkir, dan sirkulasi tamu undangan.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, menuturkan tim Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Advertisement

Sedangkan untuk lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar. Masing-masing lokasi itu dilengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan.

“Jadi nanti lahan parkir difasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif