Perias senior Solo Endang Soendari Soemaryono memberikan keterangan pers di Graha Saba Buana, Senin (30/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos) Perias senior Solo Endang Soendari Soemaryono memberikan keterangan pers di Graha Saba Buana, Senin (30/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)
Senin, 30 Oktober 2017 17:35 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI
Perias Berusia 80 Tahun Ini Kebagian Tugas Merias Kahiyang-Bobby

Keluarga Presiden Jokowi menyiapkan lima orang perias manten untuk pernikahan putri mereka, Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk lima orang perias manten kenamaan untuk acara pernikahan putri mereka, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, 8 November mendatang.

Kelima perias tersebut merupakan perias asal Solo yang termasuk dalam paket Chili Pari, usaha milik putra sulung Jokowi, Gibrang Rakabuming Raka. Salah satu di antara mereka adalah perias senior Endang Soendari Soemaryono yang akrab disapa Ny. H.S. Soemaryono.

Perias berusia 80 tahun tersebut dipercaya merias wajah pengantin. Ny. H.S. Soemaryono akan merias wajah kedua mempelai mulai dari prosesi siraman, malem midodareni, ijab panggih atau akad nikah, hingga resepsi. (Baca: Dua Tokoh Ini akan Jadi Saksi Akad Nikah Kahiyang-Bobby)

Prosesi siraman dan malam midodareni pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bakal dilaksanakan pada Selasa (7/11/2017). Sedangkan prosesi akad nikah dan resepsi akan digelar pada Rabu (8/11).

Pemilik Rias Cempaka Sari itu hanya bertugas merias, tidak sampai diminta menyediakan busana pengantin. Busana pengantin disediakan pihak lain.

“Saya mendapatkan amanah dari Bapak Jokowi dan Ibu Iriana. Saya diberi amanah untuk merias pengantinnya, yakni Mbak Kahiyang Ayu dan Mas Bobby. Nanti saya merias mulai dari siraman, midodareni, ijab, dan resepsi malam,” kata Ny. H.S. Soemaryono saat ditemui wartawan di sela-sela pertemuan dengan Gibran di Graha Saba Buana, Kelurahan Sumber, Senin (30/10/2017).

Ny. H.S. Soemaryono menyampaikan gaya rias Solo Putri yang akan dipilih sebagai gaya rias untuk Kahiyang Ayu. Gaya rias tersebut dipilih menyesuaikan dengan konsep acara pernikahan yang mengusung adat Jawa.

Selain itu, menurut dia, gaya rias Solo Putri dipilih juga karena menyesuaikan permintaan Ibu Negara Iriana Jokowi. Ny. H.S. Soemaryono menyebut Ibu Negara meminta agar putrinya tersebut dirias dengan gaya Solo yang klasik.

“Paesnya Solo Putri seperti pengantin Jawa biasa tapi tentu saja yang lebih klasik. Ibu Iriana ngersaake [menghendaki] Mbak Kahiyang dirias Solo klasik dengan tata cara yang klasik, tidak mencolok. Pokoknya sesuai pakem. Pada resepsi malamnya juga Mbak Kahiyang dirias dengan gaya pakem Keraton Solo,” terang Ny. H.S. Soemaryono didampingi para perias lain yang ditunjuk keluarga Presiden untuk terlibat dalam acara pernikahan Kahiyang Ayu.

Ny. H.S. Soemaryono menerangkan riasan gaya Solo Putri memiliki ciri khas menggunakan riasan hitam pekat di bagian dahi pengantin perempuan. Sedangkan gaya rambut pengantin perempuan dalam riasan gaya Solo Putri biasanya dibuat gaya ukel besar dengan tambahan aksesori bunga melati dan cunduk sisir serta cunduk pentul di bagian atas kepala. (Baca: Wali Kota Solo Rudy Didapuk Jadi Atur Pambagyoharja di Pernikahan Kahiyang)

Sementara itu, tata rias wajah dan rambut bagi pengantin laki-laki terinspirasi raja Keraton Solo, antara lain di atas kepala akan dikenakan Kuluk Kanigoro. “Siapa pun yang akan kami rias, kami laku prihatin untuk memohon kepada Allah. Saya akan juga puasa Senin dan Kamis sebelum merias Mbak Kahiyang. Ya saya sudah bertahun-tahun melakukan ibadah itu. Mudah-mudahan amanah ini bisa saya laksanakan dengan sebaik-baiknya dan semoga dapat berjalan lancar, tidak ada halangan suatu apa,” terang perempuan yang sudah menggeluti bidang tata rias dan busana pengantin sejak 1982 dan telah mendirikan kursus rias sejak 1987 tersebut.

Sementara itu, empat perias lain yang dipilih keluarga Presiden dalam acara pernikahan Kahiyang antara lain Sawaliyah Waloeyo, Conny Wulandari, Topobroto, dan Santi. Perias Sawaliyah Waloeyo bakal mendapat tugas merias keluarga inti Presiden, Conny merias keluarga Gibran dan keluarga besan, sedangkan Topobroto dan Santi akan merias keluarga besan atau keluarga pengantin laki-laki.

Diketahui, Conny Wulandari adalah perias yang dipercaya untuk merias Gibran dan Selvi Ananda saat mereka melangsungkan pernikahan pada 2015 lalu.

lowongan pekerjaan
DAQU TRAVEL HAJI & UMROH SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…