Jatim
Senin, 30 Oktober 2017 - 07:05 WIB

PEMBANGUNAN MADIUN : Pemkot Upayakan Normalisasi Kali Sono Rampung Desember

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sugeng Rismiyanto (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pembangunan Madiun diupayakan selesai sesuai jadwal.

Madiunpos.com, MADIUN — Dana senilai Rp1,6 miliar digelontorkan untuk melakukan proyek normalisasi saluran Sungai Kali Sono di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Advertisement

Normalisasi dilakukan guna mencegah terjadinya banjir dan gangguan drainase di wilayah setempat.

Pemerintah Kota Madiun pun memantau ketat pelaksanaan proyek yang dibiayai dengan APBD setempat tersebut agar selesai sesuai jadwal pada bulan Desember 2017.

Advertisement

Pemerintah Kota Madiun pun memantau ketat pelaksanaan proyek yang dibiayai dengan APBD setempat tersebut agar selesai sesuai jadwal pada bulan Desember 2017.

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan pematauan proyek tersebut perlu dilakukan guna memastikan semua berjalan sesuai rencana.

“Kami melakukan cek lapangan guna memastikan proyek normalisasi saluran Sungai Kali Sono ini berjalan sesuai jalur. Pemantauan itu penting agar pekerjaan sesuai perencanaan,” ujar Sugeng Rismiyanto kepada wartawan saat melakukan sidak sejumlah proyek infrastruktur, Jumat (27/10/2017).

Advertisement

Sejauh ini proyek sudah mencapai 80 persen. Ia yakin rekanan mampu menyelesaikan tepat waktu, sehingga manfaatya bisa segera dirasakan oleh masyarakat.

Seperti diketahui, Sungai Kali Sono merupakan anak sungai dari Sungai Bengawan Madiun. Saat puncak musim hujan, kondisi sungai tersebut sering meluap hingga menggenangi permukiman di wilayah kelurahan setempat.

Meluapnya sungai tersebut diprediksi disebabkan karena curah hujan yang tinggi dan kondisi sungai yang banyak terdapat endapan.

Advertisement

Dengan melakukan normalisasi Sungai Kali Sono diharapkan airnya nanti bisa mengalir dengan cepat dan sungai menampung lebih banyak debit air.

BPBD Kota Madiun memetakan terdapat enam kelurahan yang rawan banjir saat musim hujan. Seperti di Kelurahan Tawangrejo, Rejomulyo, Kelun, Kanigoro, Pilangbango, dan Sukosari. Sebab, wilayah tersebut merupakan daerah cekungan yang menjadi tempat tergenangnya air sebelum mengalir ke Sungai Bengawan Madiun.

Sementara, selain sidak ke proyek normalisasi Kali Sono di Tawangrejo, Wali Kota Sugeng Rismiyanto juga meninjau titik saluran Kali Sono di Kelurahan Pilangbango, pembangunan saluran sekitar Pasar Kojo, dan proyek ruang terbuka hijau (RTH) di lapangan Manisrejo.

Advertisement

Selain Wali Kota Sugeng Rismiyanto, turut mendampingi Wakil Wali Kota Madiun Armaya, Sekda Kota Madiun Maidi, dan kepala dinas terkait.

Advertisement
Kata Kunci : Pembangunan Madiun
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif