Jogja
Senin, 30 Oktober 2017 - 13:20 WIB

Ini Dia Perlombaan Seru yang Ada di Festival Gerobak Sapi

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerobak sapi saat ikut kontes di Candi Plaosan, Klaten, Sabtu (2/3/2013). (JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

FGS 2017 makin meriah.

Harianjogja.com, SLEMAN— Festival Gerobak Sapi (FGS) tahun ini kembali digelar oleh Dinas Pariwisata DIY. Berbagai lomba unik ditampilkan di event ini.

Advertisement

Festival Gerobak Sapi resmi dibuka pada Minggu (29/10/2017) oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Di Kompleks Candi Banyunibo Cepit Bokoharjo.

Menurut Ketua FGS 2017 Nuryanto, pada event tahun ini sebanyak 139 bajingan mengikuti beragam kompetisi di FGS. Jumlah peserta diakuinya memang lebih sedikit dari event sebelumnya lantaran disesuaikan dengan luas area kegiatan. “Setiap dusun hanya kami bolehkan ikut maksimal tiga gerobak. Sebab luasnya tidak cukup kalau ikut semua, ” kata Nuryanto, Minggu (29/10/2017).

Tahun ini, lanjutnya, beragam jenis lomba tetap digelar. Mulai karnaval gerobak sapi hias, balap gerobak sapi, desain gerobak masa depan dan Lomba gerobak sapi kustom. Event tersebut juga dimeriahkan oleh lomba memanah dengan menaiki kuda. Menurutnya, antusiasme peserta dan masyarakat untuk ikut kegiatan dan lomba-lomba FGS cukup tinggi. “Ada gerobak hias, karnaval, kustom, balapan lomba sapi, desain grafis, juga lomba selfie di media sosial,” terangnya.

Advertisement

Untuk balapan gerobak sapi, lanjut Nur, diikuti oleh 12 gerobak sapi. Masing-masing peserta beradu kecepatan di lintasan melingkar sepanjang 300 meter. Adapun untuk rute karnaval, gerobak sapi menyusuri jalanan sejauh tiga kilometer. Konvoi melewati jalan raya Piyungan-Prambanan.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif