Soloraya
Minggu, 29 Oktober 2017 - 15:39 WIB

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Dua Tokoh Ini akan Jadi Saksi Akad Nikah Kahiyang-Bobby

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan mengenai rencana pernikahan putrinya Kahiyang Ayu di kediamannya, Minggu (29/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Presiden Jokowi memilih dua pejabat ini untuk menjadi saksi akad nikah putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih dua orang yang akan menjadi saksi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Rabu (8/11/2017) mendatang.

Advertisement

Dua orang tersebuta adalah Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan Manteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution. Presiden Jokowi menyampaikan Wapres Jusuf Kalla akan menjadi saksi mewakili keluarganya atau keluarga pengantin perempuan. (Baca: Makanan Tradisional Ini Akan Tersaji di Resepsi Mantenan Kahiyang)

Sedangkan Menko Perekonomian bakal menjadi saksi mewakili keluarga pengantin pria. Akad nikah Kahiyang-Bobby akan digelar di Graha Saba Buana, Jl. Letjen. Suprapto, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, pada Rabu pagi.

Advertisement

Sedangkan Menko Perekonomian bakal menjadi saksi mewakili keluarga pengantin pria. Akad nikah Kahiyang-Bobby akan digelar di Graha Saba Buana, Jl. Letjen. Suprapto, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, pada Rabu pagi.

“Saksinya nanti yang dari kami, Bapak H. Jusuf Kalla, kemudian yang dari Muhammad Bobby Afif Nasution, Pak Darmin Nasution. Tapi nanti ada pendamping-pendamping juga dari keduanya,” kata Presiden Jokowi ketika dijumpai wartawan di kediamannya, Jl. Kutai Utara, Sumber, Solo, Minggu (29/10/2017) siang.

Presiden menyebut segala kebutuhan untuk penyelengaraan acara pernikahan Kahiyang kini sudah beres. Presiden bahkan mengecek sendiri berbagai hal yang dibutuhkan atau yang akan digunakan untuk acara pernikahan putrinya tersebut.

Advertisement

“Alhamdulillah tadi [Minggu] saya cek sendiri dari seluruh panitia yang ada, sudah beres semua. Tinggal mendistribuskan undangannya mulai besok pagi,” jelas Presiden.

Presiden memprediksi sedikitnya 8.000 orang datang ke acara resepsi pernikahan Kahiyang dengan Bobby Nasution yang bakal dibagi dalam dua sesi, yakni pada Rabu siang dan Rabu malam. Dia memperkirakan jumlah tamu pada acara pernikahan Kahiyang lebih banyak ketimbang jumlah tamu pada acara pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada Juni 2015 lalu.

Prediksi tersebut karena Presiden menerima kabar akan ada banyak sukarelawan pendukungnya yang bakal hadir ke Kota Solo untuk menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang. “Tamu undangan kurang lebih 8.000. [Yang diundang] Hampir sama dengan Gibran tapi hanya ini nanti sukarelawan lebih banyak. Kalau dulu yang datang 3.000 [orang]. Ini diperkirakan antara 7.000 orang sampai 8.000 orang. Wong kami jatah [perwakilan] 10 orang, 20 orang, enggak mau, jadi ada yang 50 orang, 100 orang, ada yang 500 orang. Angkanya kurang lebih 7.000 orang sampai 8.000 orang,” terang Presiden.

Advertisement

Presiden menyampaikan perayaan acara pernikahan Kahiyang dengan Bobby Nasution bukan saja digelar di Solo, melainkan juga di Medan tempat asal Bobby. Dia menuturkan acara di Medan digelar pada Jumat- Minggu (24-26/11/2017).

Sementara itu, saat dimintai komentar, Kahiyang yang berada d samping ayahnya di meja makan keluarga itu, mengaku tidak deg-degan menjelang pernikahannya dengan Bobby Nasution. Dia juga menyampaikan tidak melakukan prosesi pingitan sebelum menikah.

“Enggak ada persiapan khusus. Masih jalan ke mana-mana. Kuliah alhamdulillah sudah selesai kemarin. Tinggal wisudanya,” ujar Kahiyang.

Advertisement

Ibu Negara Iriana Jokowi mengaku tidak memberikan wejangan khusus kepada Kahiyang sebelum putrinya tersebut menjalani pernikahan. Dia percaya Kahiyang bisa belajar sendiri sambil jalan. Iriana mengatakan putrinya tersebut sudah dewasa dan siap untuk menikah.. “Enggak ada, Ayang sudah besar. Nanti kan sudah tahu sendiri,” tutur Iriana.

Sementara itu, Gibran menunjukkan undangan pernikahan Kahiyang yang bakal disebar kepada para calon tamu. Dia menyebut secara garis besar model undangan pernikahan Kahiyang tidak jauh berbeda dibanding model undangan pernikahan dirinya pada 2015 lalu.

Sampul undangan pernikahan Kahiyang dari beludru merah marun. Di halaman sampul terdapat ukiran gunungan bertuliskan kedua nama calon mempelai. Sedangkan di bagian dalam undangan tertulis nama kedua mempelai dengan tinta warna emas dan keterangan lain tertulis dengan tinta hitam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif