Jogja
Minggu, 29 Oktober 2017 - 06:20 WIB

Mobil Sewaan Dijadikan Jaminan Membeli Kayu, Dodo Ditangkap Polisi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/Reuters)

Dodo, 30, ditahan polisi karena menggelapkan mobil jenis Toyota Avanza yang disewanya

Harianjogja.com, SLEMAN-Dodo, 30, ditahan polisi karena menggelapkan mobil jenis Toyota Avanza yang disewanya. Mobil rental itu kemudian ditukar dengan kayu kusen senilai Rp26 juta.

Advertisement

Pelaku menyewa mobil dengan nomor polisi AB 1320 PN tersebut selama dua hari di salah satu rental di Sidokerto, Godean pada 2 September lalu. Kasatreskrim Sleman, AKP Rony Are mengatakan tersangka menjaminkan sepeda motor warna merah AB 6534 GQ saat menyewa mobil itu.

Meski demikian, mobil itu tak jua dikembalikan saat jatuh tempo dan sempat sulit dihubungi. Ketika akhirnya bisa dihubungi lewat ponsel, tersangka mengaku berada di luar kota sehingga belum bisa mengembalikan kendaraan itu.

“Saat jatuh waktu pengembalian tidak muncul, alasannya sedang di luar kota,” ujarnya ketika dikofirmasi, Sabtu (28/10/2017).

Advertisement

Dodo kemudian ditangkap di Pasar Turi tak lama berselang dan diketahui jika mobil itu dijaminkan dalam pembelian kayu kusen. Warga Caturharjo, Sleman ini diketahui membeli jenis kayu nangka itu senilai Rp26 juta dan dibayar dengan mobil tersebut. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh ini terancam pasal 372 KUHP dengam hukuman empat tahun penjara.

Sejumlah barang bukti ikut diamankan oleh petugas antara lain satu mobil Avanza silver milik Moelyati, warga Godean, satu sepeda motor berwarna merah, dan satu lembar kuitansi bukti menjaminkan mobil tersebut.

Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan jika kendaraan roda empat ini juga menjadi salah satu hasil operasi Curanmor Progo 2017 yang dilakukan di wilayah hukum Sleman.

Advertisement

“Puluhan roda dua, satu roda empat akibat penggelapan ini,” katanya.

Operasi tersebut dilakukan selama dua pekan hingga 23 Oktober lalu yang melibatkan 45 personil Polres Sleman dan jajarannya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif