Lewis Hamilton juara GP Inggris. (JIBI/REUTERS/Andrew Boyers)
Minggu, 29 Oktober 2017 02:00 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Balap Share :

FORMULA ONE 2017
Mampukah Lewis Hamilton Mengunci Gelar di GP Mexico?

Pembalap Formula One, Lewis Hamilton, bisa jadi akan mengunci gelar juara dunia di GP Mexico, Senin dini hari.

Solopos.com, MEXICO CITY — Lewis Hamilton datang ke Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez Mexico, Minggu (29/10/2017) waktu setempat atau Senin (30/10/2017) dini hari WIB, dengan satu kaki menapak ke titel juara dunia.

Keunggulan 66 poin atas rival terdekat, Sebastian Vettel, membuat Hamilton berada di atas angin untuk merebut gelar juara dunianya yang keempat sepanjang karier. Apakah pembalap Mercedes ini mampu mengakhiri perlawanan Vettel di Mexico City? Jawabannya sangat mungkin.

Dengan musim tinggal menyisakan tiga seri, Hamilton cukup finis lima besar di Mexico City untuk mengunci gelar juara. Poinnya sudah tak akan mungkin dikejar meski Vettel menang di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Sinyal trofi kian mendekat ke Hamilton pun sudah terlihat di sesi latihan bebas awal GP Mexico. Pembalap Mercedes itu mampu tampil stabil di dua besar dalam latihan bebas pertama dan kedua, Sabtu (28/10/2017) dini hari WIB.

Sebaliknya, Vettel justru tampil tak terlalu maksimal dengan hanya meraih posisi empat di latihan bebas kedua. Di latihan bebas pertama, pembalap Ferrari itu malah berada di peringkat lima.

Hasil yang kurang meyakinkan itu tentu semakin membuat perjuangan Vettel mencuri trofi juara dunia kian mustahil. Seusai menjalani latihan bebas kedua, Vettel mengeluh sekrup mobilnya longgar sehingga membuat performanya tak maksimal.

Vettel kehilangan waktu di sesi itu ketika sistem pemadam kebakaran di mobilnya tiba-tiba aktif, diduga karena sekrup yang longgar. “Lagi-lagi hari Jumat yang tidak berjalan baik 100%,” rutuk Vettel seperti dilansir Motorsport, Sabtu.

Sementara itu, Hamilton merasa menjalani sesi latihan bebas cukup baik dengan ban ultra soft-nya. Pemilihan ban yang tepat membuat pembalap asal Inggris itu tampil stabil sepanjang free practice. “Ini hari yang baik tapi tidak luar biasa, terutama setelah mobil saya berputar di sesi kedua,” ujarnya dilansir Crash.

Disinggung peluangnya menyegel gelar juara di GP Meksiko, Hamilton justru mengelak. “Jujur saya tak terlalu memikirkannya. Saya berencana mengerahkan segalanya untuk memenangi titel, tapi saya tak punya espektasi. Saya cuma ingin membalap sebaik mungkin,” tutur pembalap 32 tahun ini.

Berikut lima besar klasemen Formula One 2017:

PeringkatPembalapTimPoin
1Lewis HamiltonMercedes331
2Sebastian VettelFerrari265
3Valteri BottasMercedes244
4Daniel RicciardoRed Bull192
5Kimi RaikkonenFerrari163

 

Sumber: motorsport. (cha)

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…