Teknologi
Sabtu, 28 Oktober 2017 - 00:00 WIB

Pengemudi Pikap Nyampah di Sungai Meski Diperingatkan Ibu-Ibu, Ini Kronologinya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pria asal Temanggung buang sampah di sungai (Instagram)

Viral rekaman dua pria membuang sampah di sebuah sungai di Temanggung.

Solopos.com, TEMANGGUNG — Kasus pembuangan sampah sembarangan menjadi perhatian warganet. Hal itu karena sebuah video amatir merekam aktivitas dua pria di Temanggung membuang sampah ke sungai.

Advertisement

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (27/10/2017), salah satu pengunggah video tersebut adalah pengelola akun @makrumpita. “Aksi buang sampah di sungai oleh dua pemuda. Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Meskipun sudah diingatkan, mereka malah membuang satu karung lagi sambil berkata ‘nanggung Bu’,” tulis @makrumpita.

Dalam video amatir itu tampak perempuan bergaun warna merah muda. Ia mendekati mobil pikap di mana ada dua pria berdiri di bak mobil. Salah satu pria tampak baru saja melempar karung berisi sampah ke sungai.

Mboten pareng [tidak boleh], itu sungai, bukan tempat sampah,” ucap sang ibu-ibu. Si pria sempat ditanyai si ibu-ibu mengenai asal sampah tersebut. Si pria menjawab sampah itu berasal dari sampah.

Advertisement

Nek saking griya [Kalau dari rumah], kenapa dibuang di sini? Nek saget bosok lebokke tanah [kalau sampah yang bisa busuk itu dikubur saja],” jawab si ibu. Seolah-olah tak menggubris perkataan si ibu, pria yang membuang sampah itu nekat melempar satu karung lagi. Si ibu-ibu sempat mencoba mencegah namun tak berhasil menjangkau sampah yang dibuang.

Ibu-ibu yang mencoba mengingatkan pembuang sampah itu adalah Denty Eka Widi Pratiwi, anggota DPR dari Jawa Tengah. Video saat Denty mengingatkan pria pembuang sampah di Temanggung itu mendapat beragam komentar dari warganet. Ada komentar kecaman, ada komentar emosional, hingga komentar meminta pelaku pembuangan sampah segera diproses.

“Parah, ibunya ngomongnya sopan banget, kalau gue udah gue gulingin mobilnya sama orang-orangnya,” tulis @nunuadrianabdullah.
“Sleding saja lehernya biar patah,” tulis @parultodd.

Advertisement

“Manusia bodoh, giliran udah banjir, nyalahin pemerintah,” tulis @tata_etha.
“Kebiasaan orang-orang yang tidak peduli lingkungan, sudah banjir, rumah hanyut, nyalahin pemerintah bilang tak tanggap,” tulis @siskaangle.

Selain komentar warganet yang mengecam tindakan tersebut, akun resmi milik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo @ganjar_pranowo. Akun tersebut mengatakan bahwa pelaku pembuangan sampah sudah ditangkap. “Pelaku sudah ditangkap @makrumpita,” tulis @ganjar_pranowo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif