Sport
Sabtu, 28 Oktober 2017 - 09:25 WIB

LIGA SPANYOL : Bilbao Vs Barcelona: Valverde Melawan Kutukan San Mames

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ernesto Valverde (JIBI/REUTERS/Heino Kalis)

Liga Spanyol akan menyajikan laga Bilbao vs Barcelona.

Solopos.com, BILBAO — Ernesto Valverde adalah Athletic Bilbao. Ungkapan ini agaknya tak berlebihan jika melihat kedekatan emosional Valverde dengan klub asal Basque itu. Tiga belas musim membela Bilbao sebagai pemain dan pelatih sudah cukup bagi Valverde untuk dicintai publik San Mames.

Advertisement

Kini kali pertama Valverde berkesempatan kembali ke stadion yang membesarkan namanya dengan predikat pelatih tim raksasa, Barcelona. Kedua tim akan bertarung dalam lanjutan Liga Primera di San Mames, Minggu (28/10/2017) dini hari WIB. Valverde pun sudah “baper” jelang reuni ke markas Bilbao akhir pekan ini.

“Setiap orang punya referensi tim dan bagi saya itu adalah Athletic. Saya sangat gembira saat menjadi pemain dan pelatih di sana,” ujar pelatih 53 tahun itu seperti dilansir Marca, Jumat (27/10/2017).

Namun Valverde agaknya tak boleh terjebak perasaan sentimentil. Meski besar di San Mames, dia justru kesulitan menang sebagai lawan ketika bertandang ke markas Bilbao. Pengetahuannya tentang klub itu seperti menguap begitu saja saat mendampingi tim barunya melawat ke San Mames.

Advertisement

Media AS mencatat dari delapan kunjungan ke markas Bilbao, Valverde menelan tujuh kekalahan! Tiga kekalahan di antaranya terjadi saat dia masih menjadi pemain Espanyol dan Barcelona. Peruntungannya tak lebih baik ketika menjabat manajer. Deretan tim yang pernah dibesutnya yakni Espanyol, Villareal dan Valencia bergantian menelan hasil negatif kala bertandang ke San Mames.

Satu-satunya hasil cukup baik ketika dia membawa Espanyol mengimbangi Bilbao 1-1 di leg 1 babak 16 besar Copa del Rey 2007/2008. Namun Espanyol akhirnya tetap tersingkir karena kalah adu penalti di leg kedua. Rangkaian “kutukan” ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Valverde saat membawa Lionel Messi dkk. ke stadion berkapasitas 53.299 orang itu.

“Ini tidak mudah, apalagi sebagai pelatih. Anda harus hidup dengan tekanan dari hasil yang Anda raih. Namun saya optimistis di laga nanti,” kata Valverde.

Advertisement

Keyakinan sang pelatih didukung rekor Barcelona yang memenangi 15 dari 16 laga terakhir mereka di Liga Primera. El Barca juga hanya kalah tiga kali dari 35 pertandingan terbaru melawan Bilbao. Namun Markel Susaeta dkk. tetap tak bisa diremehkan karena mereka hanya kalah dua kali di 22 laga kandang terakhir di Liga Primera.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif