Lifestyle
Sabtu, 28 Oktober 2017 - 00:10 WIB

Jangan Sembarangan Pakai Kosmetik saat Hamil, Ini Bahayanya...

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil (Dailymail.co.uk)

Dokter Reisa Broto Asmoro mengungkap bahayanya memakai kosmetik sembarangan saat hamil.

Solopos.com, SOLO – Wanita hamil tidak boleh menggunakan kosmetik sembarangan. Menurut dokter Reisa Broto Asmoro, hal ini dikarenakan penyerapan kulit pada wanita hamil jauh lebih tinggi.

Advertisement

“Saat hamil hati-hati gunakan produk perawatan kulit, penyerapan kulit pada ibu hamil itu meningkat lima kali lipat. Meski kadang diperbolehkan menggunakan bahan yang alami, tapi bisa jadi itu berlebihan bagi ibu hamil,” kata dia di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Lantas, apa yang bisa dilakukan wanita hamil agar kulit tetap terjaga kelembabannya? Reisa mengatakan ibu hamil perlu asupan cairan yang cukup, meskipun terkadang merasa kembung.

“Banyak minum, kadang ibu hamil merasa sudah begah, cuaca dingin malas minum jadi itu yang bisa munculkan masalah kulit,” tutur Reisa, seperti diberitakan Antara.

Advertisement

Selain itu jangan lupakan asupan vitamin dan hati-hati dalam penggunaan tabir surya karena cenderung berbahaya bagi janin.

“Hati-hati menggunakan sunblock karena berbahaya untuk janin. Kalau make up sejauh ini, karena tidak berfungsi untuk diserap kulit jadi enggak masalah kecuali jika make up-nya diserap kulit, itu enggak boleh digunakan,” papar dia.

Perawatan kulit yang salah bisa memicu gangguan perkembangan janin, terutama di tiga bulan pertama kehamilan.

Advertisement

“Gangguan perkembangan janin, kecacatan pada janin terutama saat trimester awal takutnya kecacatan tinggi dibanding di akhir. Bisa jadi sampai keguguran,” pungkas Reisa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif