Teknologi
Sabtu, 28 Oktober 2017 - 19:30 WIB

Foto Viral Kupu-Kupu Aneh Unggahan Netizen Semarang Dibahas Media Asing

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kupu-kupu yang menghebohkan dunia maya di Indonesia. (Istimewa/Facebook/Gandik)

Dalam ulasan Live Science kupu-kupu tersebut bernama creatonotos gangis.

Solopos.com, NEW YORK – Laman Live Science membahas temuan kupu-kupu dengan bentuk tak lazim oleh seorang pria Semarang, Jawa Tengah. Kupu-kupu dengan tambahan bagian tubuh di bagian belakang itu menjadi viral setelah diunggah di Facebook.

Advertisement

Akun bernama Gandik itu mengunggahnya dalam bentuk tayangan video pendek, 19 Oktober 2017. Tampak bahwa hewan tersebut seperti sedang bersiaga dengan mengayunkan bagian tubuh belakangnya.

Dilansir Live Science, Jumat (27/10/2017), kupu-kupu tersebut bernama creatonotos gangis. Hewan ini biasa ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Australia.

Advertisement

Sementara bagian yang tampak seperti tanduk di belakang tubuhnya itu bernama coremata. Kupu-kupu itu berjenis kelamin jantan. Ia mengeluarkan coremata untuk menyebarkan aroma feromon yang digunakan untuk memikat betina.

Sementara bagi creatonotos gangis betina, aroma yang dihasilkan oleh sang jantan mungkin tak dapat menarik perhatiannya.

Kupu-kupu ini merupakan hama bagi petani. Sebab, saat menjadi ulat mereka kerap memakan tumbuhan padi, kedelai, dan jagung.

Advertisement

Creatonotos gangis? memiliki kulit berwarna coklat dan berbulu halus. Di bagian punggungnya, terdapat garis kuning dengan perut berwarna kemerahan. Meski demikian dalam beberapa kasus terdapat pula perut yang berwarna kuning. Lebar sayapnya sendiri berukuran sekira 4 cm.

Creatonotos gangis? betina memilik bentuk tubuh yang membulat dan berwarna kuning telur. Mereka biasanya membentuk koloni sebanyak 50 ekor dalam sebuah daun.

Advertisement
Kata Kunci : Foto Viral Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif