Soloraya
Sabtu, 28 Oktober 2017 - 17:00 WIB

ASAL USUL : Asale Desa Nepen Boyolali dari Kata Nepi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu sumber mata air di Desa Nepen, Teras, Boyolali yang menjadi sumber kehidupan ribuan warga Boyolali. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Asal usul penamaan Desa Nepen di Teras, Boyolali, dari kata nepi.

Solopos.com, BOYOLALI — Satu di antara desa yang kaya sumber mata air di Kabupaten Boyolali adalah Desa Nepen. Desa yang masuk wilayah Kecamatan Teras ini memiliki tujuh sumber mata air bersih dan besar.

Advertisement

Bahkan, ribuan warga dari luar Desa Nepen pun menggantungkan kebutuhan air sehari-hari dari Desa Nepen. Lantas, dari manakah asal muasal nama Desa Nepen Boyolali itu?

Menurut tokoh masyarakat Nepen, Siswanto, Desa Nepen dulu menjadi tempat menepi atau bertapa orang-orang dari luar. Mereka datang ke Nepen bukan tanpa isyarat atau petunjuk, melainkan karena dituntun oleh mata batin yang telah diasah.

Selain itu kedatangan para pertapa itu juga tak terlepas dari adanya sejumlah sumber kehidupan berupa sumber mata air yang dikelilingi pohon-pohon besar. Dari situlah, desa ini menjadi nama Desa Nepen, artinya tempat orang-orang menepi.

Advertisement

“Asal kata Nepen itu nepi, atau tempat orang menepi,” kata Siswanto saat berbincang dengan

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Asal Usul Asale Nepen
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif