Jogja
Jumat, 27 Oktober 2017 - 19:40 WIB

Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga dan relawan bencana mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa bagian atap rumah milik Jumirin, warga RT 04/12 Gunungharjo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman Jumat (27/10/2017). (Istimewa/BPBD Sleman)

Hujan deras sebabkan pohon tumbang.

Harianjogja.com, SLEMAN— Hujan deras yang terjadi Kamis (26/10/2017) malam menyebabkan dua pohon tumbang di Dusun Gunungharjo,  Bokoharjo,  Prambanan.  Tumbangnya pohon tetsebut menyebabkan rumah warga rusak.

Advertisement

Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Prambanan Bandung Bondowoso Prawoto Brewok menjelaskan,pohon tersebut tumbang pada Jumat (27/10/2017) sekitar pukul 01.30 dini hari. Selain kayu jati,  satu pohon sono keling lainnya ikut tumbang.  Menurut Brewok, kondisi kedua pohon tersebut memang miring lantaran berada di bagian tebing.  “Kedua pohon yang tumbang kemudian menimpa rumah warga,” katanya,  Jumat (27/10/2017).

Pohon tersebut menimpa bagian atap milik Jumirin, warga RT04/12 Gunungharjo, Bokoharjo, Prambanan. Beruntung konstruksi rumah bagus sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang fatal.  Tim relawan langsung melakukan evakuasi dua pohon yang tumbang dari ataa rumah tersebut.  “Tidak ada korban dan kerugian belum bisa dihitung,” ujar dia.

Pada Oktober ini, kasus pohon tumbang disertai longsor sudah terjadi untuk kedua kalinya. Awal bulan ini, peristiwa berbeda terjadi di wilayah Cangkringan pada Senin (9/10/2017) dini hari.  Tiga pohon akasia di Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan tumbang. Tidak ada korban dalam peristiwa itu. Meksi skalanya kecil, namun BPBD Sleman meminta warga untuk tetap  mewaspadai potensi bencana di sekitarnya.

Advertisement

Sehari sebelumnya, Sabtu (7/10/2017) dan Minggu (8/10/2017) hujan yang turun di sebagian wilayah Sleman berdampak pada longsoran di beberapa lokasi. Di Perumahan Gria Taman Asri (GTA) Pandowoharjo Ngaglik, sebuah tanggul di Blok G dan H longsor. Tanggul yang longsor sepanjang 11 meter, setinggi tiga meter dengan ketebalan dua meter. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (8/10/2017) sekitar pukul 19.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif