Jogja
Jumat, 27 Oktober 2017 - 08:55 WIB

Program Dusun Terang Kulonprogo Dikebut 2018

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi listrik prabayar. (pln.co.id)

Program Dusun Terang 2018 tersebut itu akan menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) sebagai penyedia listrik gratis, bagi kebutuhan 937 titik lampu

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berencana meluncurlan program Dusun Terang pada 2018. Program ini dimunculkan untuk memenuhi kebutuhan penerangan jalan umum di 137 dusun di Kulonprogo.

Advertisement

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, program Dusun Terang 2018 tersebut itu akan menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) sebagai penyedia listrik gratis, bagi kebutuhan 937 titik lampu. Ia menjelaskan, masih ada titik-titik dusun yang belum diterangi lampu penerangan jalan, karena kondisi geografisnya tidak memungkinkan dilakukan sambungan saluran listrik.

Hasto menjelaskan, teknis pelaksanaan program itu dilakukan dengan cara PLN menyediakan trafo dan meteran, sedangkan tagihan rekening pemakaian listrik masuk ke dalam tagihan Pemkab Kulonprogo. Ia memperkirakan, setiap titik nantinya bisa dipasang sambungan listrik, yang memiliki daya 450 watt untuk 30 titik, atau 900 watt untuk 60 titik.

“Jaringan listrik di jalan ini tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di dusun penerima program,” kata dia, Kamis (26/10/2017).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif