Teknologi
Jumat, 27 Oktober 2017 - 10:15 WIB

GAME ONLINE : Icafe Nvidia Hadir di Solo, Gamers Wajib Tahu!

Redaksi Solopos.com  /  Tika Sekar Arum  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Icafe Nvidia.com di Jakarta, belum lama ini. (nvdia.com)

Icafe Nvidia hadir di Kota Solo.

Solo, Solopos.com — Produsen prosesor grafis dan kartu grafis, Nvidia, melalui salah satu produknya, Nvidia Geforce, bekerja sama dengan Poseidon Game Arena Solo meresmikan Icafe (sebutan untuk arena e-sport atau tempat olahraga digital seperti gim) di Jl. Depok 1, Manahan, Banjarsari, Solo, Selasa (24/10/2017).

Advertisement

Icafe ini digadang-gadang sebagai Icafe terbesar, terlengkap, dan termodern di Indonesia dalam program Nvidia Geforce. Nvidia menyertifikasi sejumlah Icafe sesuai standar untuk memberikan kenyamanan dan kelengkapan bermain bagi para gamers.

Di Icafe ini, Anda tidak akan menemukan puntung rokok berceceran atau kamar mandi yang rusak yang jamak ditemui di beberapa warung Internet (warnet) yang menyediakan fasilitas bermain gim. Dalam Icafe terdapat beberapa peraturan seperti larangan merokok, larangan bermain dengan seragam sekolah, dan larangan bermain saat jam sekolah.

Country Business Nvidia Indonesia, Haryono Kartono, berharap kehadiran program sertifikasi Nvidia Geforce untuk Icafe dapat berkontribusi terhadap perkembangan dan pembinaan e-sport di Indonesai.

Advertisement

Hingga saat ini, ada 42 Icafe di Indonesia yang telah disertifikasi Nvidia Geforce sejak dua tahun lalu. Sementara di kawasan Asia Pasifik, Nvidia Geforce telah menyertifikasi 250 Icafe.

“Melalu Icafe ini, kami ingin menawarkan sensasi bermain gim yang berkualitas kepada warga Solo. kami ingin Icafe ini memberikan kontribusi positif ke depan. Dengan demikian, kami berharap ada warga atau gamers Solo dapat bertanding ke kancah internasional,” kata dia kepada wartawan, Selasa.

Harry, sapaannya, mengatakan sertifikasi Icafe sekaligus untuk mengubah stigma masyarakat yang salah kaprah menilai bermain gim adalah hal buruk. Banyak gamers yang menjadi atlet ketika terjun ke kompetisi e-sport dan memiliki penghasilan yang fantastis. Pada kompetisi gim Dota 2 bertaraf internasional bernama The International, hadiah yang ditawarkan senilai Rp277 miliar.

Advertisement

“Potensi di Solo cukup besar. Dari 42 Icafe yang bersertifikat, untuk area Jawa Tengah, peminat di Solo paling banyak. Selama ini tempat gim daring kurang memedulikan kenyamanan para gamers. Dengan adanya sertifikasi, setidaknya mendorong penyedia gim daring memperhatikan standardisasi peralatan dan tempat bagi para gamers,” imbuh dia.

Pemilik Poseidon Game Arena Solo, Tri Hardjono, berkomitmen mendukung perkembangan e-sport di Solo. Dia bakal rutin menggelar kompetisi tiap bulan, memberikan pelatihan, membentuk PIC, tim, dan menawarkan pelatih e-sport. Sehingga Poseidon Game Arena Solo akan menjadi basis atlet e-sport dari Solo untuk bersaing dalam kancah internasional.

Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Suhanto, berharap kehadiran Icafe akan menghapus stigma negatif para orang tua terhadap dunia gim dan warnet. “Terus terang, soal e-sport kami masih awam. Ini menjadi pekerjaan rumah kami agar anak-anak muda tertarik dengan e-sport,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif