Jatim
Kamis, 26 Oktober 2017 - 22:05 WIB

TRANSPORTASI MADIUN : Begini Rumitnya Merawat Lokomotif CC201 Milik PT KAI

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Perawatan satu unit lokomotif membutuhkan waktu dua hari karena banyak bagian yang harus dibersihkan.

Madiunpos.com, MADIUN — Menjelang angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, satu unit lokomotif kereta api jenis CC201 bernomor 8905 dirawat secara intesif, Kamis (26/10/2017). Tim sarana Dipo Lokomotif Madiun membutuhkan waktu dua hari untuk membersihkan seluruh bagian lokomotif tersebut.

Advertisement

Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun, Supriyanto, mengatakan perawatan yang dilakukan tim merupakan perawatan tahunan atau P12. Petugas membutuhkan waktu dua hari untuk membersihkan seluruh komponen lokomotif jenis loko elektrik itu.

“Perawatan lokomotof CC201 ini ada empat jenis yang dilakukan berdasarkan bulan. P1 atau perawatan bulanan, P3 atau perawatan tiga bulanan, P6 atau perawatan enam bulanan, dan P12 atau perawatan setahun sekali. Selain itu, ada perawatan akhir yang dilakukan setiap dua tahun sekali di Balai Yasa Yogyakarya,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Kamis.

Supriyanto menyampaikan perawatan P12 lokomotif CC201 ini ada lima tahapan. Pemeriksaan awal yaitu ada pengerjaan berupa pemeriksaan kinerja lokomotif melalui panel dan alat ukur di ruang kabin masinis baik lokomotif dalam kondisi hidup maupun mati.

Advertisement

Perawatan ruang masinis yaitu pemeriksaan alat-alat pengamanan yang berhubungan langsung dengan kinerja masinis. Contohnya lampu sorot, suling lokomotif, GPS, spidometer, termasuk juga wiper.

Perawatan ruang mesin yaitu memeriksa bagian elektrik dan membersihkan radiator. Selain itu juga memeriksa baut-baut penambat. “Pemeriksaan keempat ada motor diesel. Pengerjaannya seputar motor diesel mulai ganti oli, ganti filter, cek pompa bahan bakar, pompa air pendingin, hingga memeriksa kinerja turbo,” jelas dia.

Terakhir pengecekan rangka bawah. Untuk pengerjaannya berhubungan dengan bogie, roda, dan alat perangkai. Pada tahap ini, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui diameter dan keausan roda.

Advertisement

Supri mengatakan semua peralatan yang sudah aus melebihi batas toleransi yang diizinkan akan diganti. Sedangkan yang rusak akan diperbaiki dan yang tidak standar akan distandarkan sesuai aturan pabrik pembuat lokomotif.

Saat ini Daop VII Madiun memiliki sembilan lokomotif yang terdiri atas 2 seri yaitu seri CC201 sebanyak lima unit dan seri CC2013 sebanyak empat unit. Sembilan lokomotif tersebut melayani enam perjalanan KA.

“Selain perawatan yang sudah terjadwal secara periodik, lokomotif yang akan dan setelah dinas juga selalu dicek oleh regu daily check,” jelas Supri.

Advertisement
Kata Kunci : Daop VII Madiun Lokomotif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif