Lifestyle
Kamis, 26 Oktober 2017 - 13:15 WIB

TIPS KEUANGAN : Siasat Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran Bagi Pekerja Lepas

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Tips keuangan ini terkait pemasukan dan pengeluaran bagi pekerja lepas.

Solopos.com, SOLO — Pendapatan tidak menentu menjadi keniscayaan buat para pekerja lepas. Hal ini lah yang acapkali membikin gamang buat para pekerja tetap yang tidak siap meninggalkan zona nyaman.

Advertisement

Perencana keuangan dari Shila Financial, Siti Ruhailah Abdulrahman, punya tips bagi para pekerja yang punya penghasilan tidak pasti. Langkah pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan dua rekening terpisah khusus untuk pemasukan dan pengeluaran.

“Ketika dapat pemasukan, pindahkan sejumlah pengeluaran yg sudah pasti ke rekening pengeluaran. Sisanya biarkan dalam rekening penerimaan. Jika pemasukan secara harian, maka pengeluaran juga bisa disesuaikan dengan harian,” terang Ila, sapaannya, saat dihubungi, Selasa (17/10/2017).

Sisa dana yang masuk rekening tersebut, sambungnya, bisa dimasukkan dalam dana tak terduga untuk back up rencana keuangan keluarga atau persiapan pensiun. “Lama-lama dari dana simpanan itu bisa dialokasikan untuk berbagai kebutuhan. Bisa sebagai tabungan darurat,” terangnya.

Advertisement

Ila juga mengutarakan pentingnya membuat detail perencanaan pengeluaran dalam keuangan keluarga. Beberapa poin yang wajib antara lain dana sosial, cicilan atau utang, investasi dan asuransi, serta biaya hidup sehari-hari.

Pekerja lepas saat ini menjadi profesi yang banyak dipilih masyarakat saat ini. Director International Freelancer.com, Sebastian Siseles, mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pekerja lepas terbanyak di dunia. Jumlah tersebut bahkan lebih banyak dibanding jumlah pekerja lepas di Inggris.

Sebastian berujar, perusahaan bisa mencari pekerja freelance dengan berbagai kemampuan. Namun untuk di Indonesia, biasanya kemampuan yang paling dicari adalah desain.

Advertisement

Freelancer.com memetakan beberapa profesi pekerja lepas yang banyak dicari saat ini antara lain memiliki kemampuan data entry, mengolah data dengan Microsoft Excel, desain grafis, menulis artikel, mendesain logo, menulis dengan Microsoft Office, olah digital gambar dengan Photoshop, serta pemasaran internet.

“Secara garis besar ada 1.000 kemampuan berbeda yang Anda bisa temukan di freelancer.com. Tapi untuk di Indonesia biasanya kemampuan yang paling dicari adalah yang berhubungan dengan desain,” tuturnya, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (18/10/2017).

Advertisement
Kata Kunci : Tipe Keuangan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif