Jogja
Kamis, 26 Oktober 2017 - 21:40 WIB

Pura-Pura Tanya Alamat, Sindikat Gendam Incar Pelajar

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Belasan tersangka pencurian motor diamankan di Polres Sleman, Kamis (26/10/2017) termasuk sindikat gendam yang mengintai motor pelajar. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Sindikat gendam dibekuk Polres Sleman

Harianjogja.com, SLEMAN— Polres Sleman berhasil meringkus sindikat pencurian sepeda motor asal Jakarta dalam Operasi Curanmor Progo 2017. Sebanyak 19 motor berhasil digasak tersangka di berbagai lokasi dengan menggunakan modus gendam.

Advertisement

Kawanan ini tinggal di Jogja selama dua pekan dan beraksi di Sleman, Bantul, Kota Jogja, dan Kebumen. Tersangka pencurian ini antara lain WH, 35, YS, 42, dan SH, 45. Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan jika kawanan ini beraksi tanpa menggunakan kekerasan sama sekali. Aksi kriminal ini dilakukan dengan berboncengan mengikuti tersangka dan berpura-pura menanyakan alamat. Biasanya, tersangka menanyakan alamat tempat wisata, pondok pesantren, dan masjid terdekat kepada korban.

“Mereka mengincar korban dari kalangan pelajar biasanya,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (26/10/2017). Salah satu tersangka kemudian berpura-pura memberikan jimat kepada korban dalam berbagai bentuk, salah satunya paku yang ditawarkan untuk dimiliki.

Korban kemudian diyakinkan untuk berjalan sejauh 333 langkah agar jimat itu manjur dipakai. Setelah korban mulai melakukan perintahnya, kemudian sepeda motor yang ditinggalkan dibawa pergi. Dalam beberapa kejadian, sepeda motor dibawa pergi bersama dengan STNK, ponsel, helmnya.

Advertisement

Salah satu tersangka, YS, 42, mengaku tidak memiliki ilmu gendam dalam menjalankan aksinya. Modus ini dipelajarinya dari rekannya yang berasal dari Makassar untuk memperdayai korban. Ia memberikan jimat kepada korbannya berupa uang dengan mata uang asing yang dilipat. “Setelah lengah, saya kabur,” jelasnya. Selama tinggal di Jogja, pelaku tinggal di hotel dengan harga sewa kamar Rp300.000 per kamar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif