Jatim
Kamis, 26 Oktober 2017 - 23:05 WIB

Polisi Madiun Diterjunkan Awasi Pengelolaan Dana Desa

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pedulisehati.com)

Polres Madiun menerjunkan anggotanya untuk mengawasi pengelolaan dan penggunaan dana desa.

Madiunpos.com, MADIUN — Polres Kabupaten Madiun menugaskan semua bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) di tiap desa untuk mengawasi pengelolaan dana desa. Mereka diwanti-wanti agar tak main-main dalam bekerja.

Advertisement

Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus Prasatya, mengatakan selain menugaskan bhabinkamtibmas, Polres juga meminta Kapolsek di masing-masing kecamatan untuk mengawasi pengelolaan alokasi dana desa tersebut. Langkah ini sebagai upaya preventif untuk mencegah penyelewengan dana desa.

“Pada hari ini, seluruh anggota bhabinkamtibmas dan Kapolsek dipanggil untuk ikut apel. Intinya untuk menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman antara Kapolri dengan Kemendes PDTT terkait dengan pencegahan, pengawasan, dan penanganan dana desa,” kata dia, Kamis (26/10/2017).

Agus menyampaikan bhabinkamtibmas yang ditugaskan akan melekat di setiap desa dan membantu kepala desa mempertanggungjawabkan dana desa secara efektif, efisien, dan transparan.

Advertisement

Dia menegaskan seluruh anggota bhabinkamtibmas dan Kapolsek tidak boleh menyalahgunakan tugas dan wewenang. Bagi bhabinkamtibmas dan Kapolsek yang terbukti bermain mengenai dana desa ini akan ditindak tegas.

“Saya tekankan agar tidak ada yang bermain di sini. Sanksinya tegas!” kata Agus.

Lebih lanjut, di setiap desa di Madiun akan ditempatkan satu bhabinkamtibmas. Petugas ini akan mengawasi secara langsung proses pembangunan fisik dari alokasi dana desa.

Advertisement

Apabila pembangunan tidak sesuai dengan aturan dan perencanaan, pejabat desa setempat akan ditindak. Sepekan setelah apel ini, Polres akan melakukan pertemuan dengan kepala desa dan Pemkab Madiun untuk membahas lebih lanjut mengenai teknis kerja sama.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif