Sport
Kamis, 26 Oktober 2017 - 06:25 WIB

PIALA LIGA INGGRIS : Kemenangan Arsenal & City Terancam Dianulir

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester City merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Andrew Yates)

Piala Liga Inggris diwarnai dengan Arsenal dan Manchester City yang meraih kemenangan.

Solopos.com, LONDON — Arsenal dan Manchester City memang telah memastikan lolos ke perempatfinal Piala Liga (Carabao Cup) setelah menang atas lawan masing-masing, Rabu (25/10/2017) dini hari WIB.

Advertisement

Arsenal menundukkan Norwich City 2-1 setelah melewati babak perpanjangan waktu di Emirates. Sedangkan City menyingkirkan Wolverhampton lewat adu penalti di Etihad. Tapi, kemenangan Arsenal dan City terancam dianulir karena kedua tim melakukan dua pergantian pemain di babak extra-time.

Arsenal total melakukan empat pergantian pemain, di mana dua pergantian dilakukan di extra-time. City pun melakukan hal serupa. Dalam Aturan Carabao Cup No. 10 dijelaskan setiap tim bisa melakukan lebih dari tiga pergantian pemain, salah satu pergantian itu dilakukan di extra time.

“Masing-masing tim diperbolehkan membawa tujuh pemain pengganti, tiga pemain bisa saja ambil bagian di lapangan. Ketika pertandingan harus dilanjutkan babak extra-time, maka masing-masing klub boleh menambah sekali pergantian pemain [hanya di extra-time],” bunyi regulasi itu.

Advertisement

Artinya, Arsenal dan City diperbolehkan melakukan empat pergantian pemain asalkan tiga dilakukan di waktu normal dan hanya satu kali di babak extra-time. Namun yang terjadi, Arsenal dan City melakukan dua pergantian di waktu normal dan dua pergantian di babak extra-time.

Wasit Andy Madley yang memimpin laga di Emirates dan wasit Kevin Friend yang mengawal laga di Etihad memang memperbolehkan pergantian itu. Namun, kubu Norwich sepertinya tidak akan tinggal diam dan meminta klarifikasi pihak penyelenggara Piala Liga.

“Saya pikir regulasi berubah, itu membingungkan,” jelas PelatihNorwich, Daniel Farke, seperti dilansir Thesun.co.uk.

Advertisement

Jika terbukti menyimpang aturan, bisa saja kedua tim didiskualifikasi atau harus melakoni laga replay. Namun, ESPN menyebut Arsenal dan City tak perlu khawatir dengan ancaman diskualifikasi itu.

Bournemouth pernah melakukan dua pergantian pada babak extra-time ketika melawan Leeds United pada babak sebelumnya di Carabao Cup. Bahkan dalam laga yang sama, Leeds melakukan empat bergantian di extra-time! Toh mereka juga tidak terkena penalti atau sanksi.

Aturan menambah pergantian di extra-time mulai dikenalkan pada Piala Dunia Klub yang regulasinya sudah disepakati UEFA dan FIFA. Tepatnya saat Real Madrid mengalahkan Kashima Antlers 4-2 pada Desember 2016. Pada saat itu, kedua tim melakukan pergantian pemain lebih dari sekali pada extra-time.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif