News
Kamis, 26 Oktober 2017 - 20:10 WIB

Arab Saudi Bakal Bangun Kota Megah Senilai Rp6.750 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pangeran Mohammed bin Salman (Independent.co.uk)

Saudi akan membangun kota megah dengan nilai proyek mencapai Rp6.750 triliun

Solopos.com, SOLO – Arab Saudi mengatakan akan membangun kota megah di sepanjang perbatasan Yordania dan Mesir. Kota tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas berteknologi tinggi.

Advertisement

Kota tersebut akan dinamai NEOM dan akan membentang lebih dari 26.500 kilometer persegi atau memiliki ukuran 33 kali lebih besar dari salah satu kota terbesar di Amerika Serikat (AS), yakni New York.

Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman mengatakan kota ini akan fokus pada industri termasuk energi dan air, bioteknologi, makanan, manufaktur maju serta hiburan.

Saudi dilaporkan sudah menyiapkan dana super besar, mencapai US$500 miliar atau Rp6.750 triliun untuk membangun kota tersebut. Dana itu berasal dari Investasi Publik Arab Saudi (PIF) dana kedaulatan kerajaan, investor lokal, plus internasional.

Advertisement

“NEOM terletak di salah satu arteri ekonomi paling menonjol di dunia, di mana hampir sepersepuluh dari arus perdagangan dunia melewati wilayah itu,” kata PIF dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Okezone dari Russia Today pada Rabu (25/10/2017).

“Lokasi strategisnya juga akan memfasilitasi kemunculan cepat zona tersebut sebagai pusat global yang menghubungkan Asia, Eropa dan Afrika yang memungkinkan 70% populasi dunia mencapainya dalam waktu kurang dari delapan jam,” sambungnya.

Pengumuman pembangunan kota ini di hari yang sama ketika Mohammed bin Salman mengumumkan Saudi berubah menjadi Islam “moderat” dari sebelumnya ultra konservatif.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Arab Saudi New York
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif