Lifestyle
Rabu, 25 Oktober 2017 - 23:45 WIB

Waspadai, Stroke Mulai Serang Usia Muda

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemeriksaan Otak Penderita Stroke (Stroke.org.uk)

Stroke kini mulai menyerang seseorang berusia muda.

Solopos.com, SOLO – Penyakit stroke identik menyerang seseorang yang telah berusia lanjut. Namun fakta tersebut mulai berubah, orang berusia muda juga bisa terserang stroke.

Advertisement

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi), Profesor Dr dr Mohamad Hasan Machfoed Sp S (K) MS, mengatakan stroke mulai cenderung dialami orang yang lebih muda.

“Dulu orang terkena stroke di usia 55, 65, sekarang usia 44 tahun sudah terkena stroke,” kata Machfoed, Rabu (25/10/2017), di Jakarta.

Dia sebagaimana dilansir Antara, Rabu, menerangkan perubahan usia orang yang terkena serangan stroke menjadi lebih muda dipengaruhi oleh perubahan pola hidup masyarakat, yang juga merupakan penyebab meningkatnya kasus penyakit tidak menular dewasa ini.

Advertisement

“Akibat perubahan pola hidup, stres, pola makan tidak teratur, banyak makan makanan siap saji, dan sebagainya, kurang aktivitas fisik,” kata dia.

Sebagai contoh penyintas stroke berinisial BS yang saat ini berusia 77 tahun mengalami serangan stroke iskemik pertamanya pada usia 46 tahun dan berulang hingga 12 kali.

Sementara penyintas stroke yang lain, MA, yang merupakan penderita stroke hemoragik atau stroke berdarah, telah mengalami serangan stroke dengan pecahnya pembuluh darah di otak saat usia 41 tahun.

Advertisement

Kasus serangan stroke termuda dialami oleh salah seorang pasien di RS dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta, yang berusia 21 tahun dengan kondisi lumpuh separuh tubuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif