Soloraya
Rabu, 25 Oktober 2017 - 10:15 WIB

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Jalan di Solo Dibikin Mulus Jelang Pernikahan Kahiyang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto preweding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Jogja (Instagram @ayanggkahiyang)

Pernikahan putri Jokowi yakni Kahiyang Ayu dilaksanakan di Graha Saba Buana Solo.

Solopos.com, SOLO — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU dan PR) Kota Solo mengebut perbaikan infrastruktur jalan di Kota Solo menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution pada 8 November mendatang.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPU dan PR Solo, Sriyanto mengatakan perbaikan infrastruktur dikerjakan melalui penambalan lubang jalan dan leveling aspal jalan kota.

“Di [APBD] Perubahan tahun ini disiapkan anggaran Rp2 miliar untuk pemeliharaan jalan seperti tambal sulam lubang dan leveling,” kata dia ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/10/2017).

Advertisement

“Di [APBD] Perubahan tahun ini disiapkan anggaran Rp2 miliar untuk pemeliharaan jalan seperti tambal sulam lubang dan leveling,” kata dia ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/10/2017).

Dia mengungkapkan anggaran Rp2 miliar digunakan untuk perbaikan infrastrukur jalan kota. Dia pun tak memungkiri sebagian anggaran digunakan untuk perbaikan jalan di kediaman Presiden Jokowi di wilayah Kelurahan Sumber, Banjarsari. Sasaran perbaikan di antaranya Jl. Letjend Suprapto tepatnya depan gedung Graha Sabha Buana yang akan digunakan sebagai lokasi resepsi pernikahan Kahiyang.

Selain itu Jl. Adi Sumarmo dari batas Kota perempatan Pakel sampai jembatan Komplang, serta Jl. Ahmad Yani ditambal. Komunikasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Pusat juga  terus dilakukan terkait kewenangan perbaikan jalan berstatus provinsi dan nasional.

Advertisement

Sedangkan untuk jalan lingkungan di kediaman rumah Presiden, Joko mengatakan juga dilakukan pengerjaan perbaikan oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo. Sriyanto optimis jalan-jalan di Kota Bengawan dalam kondisi mulus saat dilewati para tamu undangan pernikahan putri Presiden.

“Sepekan sebelum hari H [pernikahan 8 November], kami targetkan perbaikan infrastruktur jalan sudah selesai dikerjakan,” katanya.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, mengatakan Pemkot mematangkan persiapan menjelang pernikahan Kahiyang dan Bobby. Pemkot hanya menyiapkam fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden.

Advertisement

Utamanya persiapan pada rekayasa lalu lintas, parkir dan sirkulasi tamu undangan. “Kepala negara ini kan yang mantu jadi pasti tamunya luar biasa banyak,” ujarnya.

Untuk rekayasa lalu lintas, Eny mengatakan tengah disiapkan tim Dinas Perhubungan (Dishub). Yang jelas, Eny mengatakan Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Sedangkan untuk lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir. Yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar. Di masing-masing lokasi tersebut Pemkot akan melengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan.

Advertisement

“Jadi nanti lahan parkir kita fasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif