Soloraya
Rabu, 25 Oktober 2017 - 16:15 WIB

KISAH INSPIRATIF : Siswa SMKN 1 Kismantoro Wonogiri Bersih-Bersih 101 Tempat Ibadah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa dan siswi SMKN 1 Kismantoro membersihkan masjid di Kismantoro, Wonogiri, Selasa (24/10/2017). (Istimewa/Dok. SMKN 1 Kismantoro)

Kisah inspiratif ini datang dari SMKN 1 Kismantoro.

Solopos.com, WONOGIRI — SMKN 1 Kismantoro Kabupaten Wonogiri menggelar bakti sosial dengan membersihkan 101 tempat ibadah di belasan desa di lima kecamatan, Senin-Rabu (23-25/10/2017).

Advertisement

Koordinator kegiatan, Syahid Efendi, Rabu, menyampaikan bersih tempat ibadah merupakan bagian dari kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 SMKN 1 Kismantoro yang jatuh pada 30 Oktober mendatang dan Hari Santri Nasional.

Sasarannya, kata dia, 98 masjid/musala dan tiga gereja di Kecamatan Kismantoro, Slogohimo, Purwantoro, Bulukerto, dan Puhpelem. Sasaran di Kismantoro paling banyak, yakni mencapai lebih dari 80 tempat ibadah.

“Bersih tempat ibadah dilaksanakan sembilan tim yang masing-masing terdiri atas tujuh siswa perwakilan sejumlah ekstrakurikuler. Setiap hari tim menyebar ke wilayah yang sudah dipetakan sebelumnya. Teknisnya, mereka menyapu, mengepel, dan sebagainya,” kata guru Mata Pelajaran Agama Islam itu di sela-sela mendampingi siswa saat kegiatan digelar.

Advertisement

Menurut Syahid bersih tempat ibadah merupakan kegiatan kali pertama yang digelar SMKN 1 Kismantoro. Langkah itu ditempuh untuk menanamkan pembiasaan baik kepada siswa, agar ke depan mereka terbiasa berperilaku terpuji, sehingga di mana pun mereka berada dapat bermanfaat bagi orang lain.

Syahid menargetkan apabila tahun depan digelar lagi, kegiatan akan menyasar 1.001 tempat ibadah di berbagai kecamatan.

Terpisah, Wakil Kepala SMKN 1 Kismantoro Bidang Humas, Zaenal Mudhakir, mengatakan kegiatan tersebut bisa menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi antara warga sekolah dengan warga dusun. Lebih dari itu, bersih tempat ibadah tersebut bisa menjadi media untuk menanamkan kepedulian sosial kepada siswa.

Advertisement

Selain bersih tempat ibadah, SMKN 1 Kismantoro menggelar kegiatan lomba untuk kalangan internal maupun eksternal, 26 Oktober-3 November 2017.

Lomba internal seperti lomba kebersihan kelas, futsal, tata upacara bendera, senam komando, paduan suara dengan lagu wajib mars dan hymne SMKN 1 Kismantoro, dan jalan sehat. Lomba untuk eksternal dengan menggelar lomba menggambar berkaitan dengan program studi SMKN 1 Kismantoro bagi siswa SMP.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif